Perkuat Kerja Sama, KBRI Bratislava Luncurkan Virtual Indonesian House

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 03:35 WIB
KBRI Bratislava
KBRI Bratislava (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bratislava, Slowakia bekerjasama dengan Direktorat Eropa 2, Ditjen Amerika dan Eropa Kemenlu RI menggelar pertemuan bisnis sekaligus peluncuran Virtual Indonesian House. Gelaran pertemuan bisnis itu dilakukan secara online dengan mengangkat tema 'Embrace Postensial Economic Cooperation Indonesia-Slowakia' di Jakarta dan Bratislava.

Duta Besar RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, mengatakan situasi dunia yang tengah dilanda pandemi COVID-19, penggunaan platform berbasis digital merupakan suatu keniscayaan. Oleh karena itu, KBRI Bratislava menjembatani bisnis dari kedua negara untuk saling berkomunikasi dan mendapatkan sumber informasi yang terpercaya.

"Situs ini merupakan platform yang menyajikan informasi mengenai perdagangan, investasi, pariwisata, dan budaya kepada berbagai pemangku kepentingan di Slowakia. Platform ini juga sebagai showcase berbagai produk unggulan Indonesia, peluang dan potensi bisnis dagang dan investasi dengan Indonesia, serta menyajikan company profile berbagai perusahaan di Indonesia yang dapat digandeng sebagai mitra bisnis," kata Adiyatwidi, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/9/2020).


Menurut Adiyatwidi, situs ini telah diakui oleh pemangku kepentingan di Slowakia seperti Kemenlu Slowakia, KADIN Slowakia dan Badan Pengembangan Investasi dan Perdagangan Slowakia. Sehingga, kata dia, ke depan perusahaan-perusahaan Slowakia yang kredibel juga dapat terdaftar pada situs ini guna menjadi rujukan
bagi kalangan bisnis Indonesia.

Sementara itu, Dirjen Amerika dan Eropa, Ngurah Swajaya, menyampaikan bahwa dalam konteks hubungan diplomatik, kedua negara telah bekerja sama di berbagai sektor. Di antara, kata dia, di sektor pertanian, energi, industri strategis, dan masih banyak potensi di bidang ekonomi yang dapat dikapitalisasi untuk dikembangkan.

"Ketersediaan platform Virtual Indonesian House diharapkan dapat meningkatkan hubungan dagang dan investasi yang saling menguntungkan pada era baru ini," katanya.

Swajaya mengapresiasi atas inovasi yang telah dilakukan di masa sulit karena pandemi Corona ini. Menurutnya, inovasi tersebut bisa menjadi pintu promosi komoditi Indonesia di Slowakia dan negara sekitar yang pada gilirannya memperkuat hubungan dagang kedua negara dengan meningkatkan kontak melalui fasilitasi yang disiapkan oleh KBRI Bratislava.

Apresiasi juga disampaikan Dirjen Kerja Sama Ekonomi Kemenlu dan Urusan Eropa Slowakia, Dusan Matulay. Dusan menyebut bahwa Indonesia telah dikenal oleh publik Slowakia baik dalam hal komoditi unggulan maupun sebagai destinasi wisata. Dusan juga berharap terbukanya peluang kerja sama ekonomi dan bisnis antara kedua negara di bidang perubahan iklim, teknologi informasi dan komunikasi serta energi terbarukan.

(fas/fas)