Seminggu PSBB Diperketat, Wagub DKI Klaim Kesembuhan Pasien Corona 78%

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 14:04 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Ilman/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melaksanakan pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama sepekan. Wakil Gubernur DKI Jakarta A Riza Patria mengklaim ada peningkatan jumlah pasien virus Corona (COVID-19) yang sembuh.

"Alhamdulillah angka kesembuhan terus meningkat sampai 78,2% dan angka kematian menurun sampai 2,5%, memang ada peningkatan penyebaran," ucap Riza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (22/9/2020).

Namun, Riza mengakui masih terjadi kenaikan kasus positif COVID-19. Kenaikan kasus disebut karena ada peningkatan tes.

"Namun demikian, perlu kami sampaikan ini disebabkan karena tingginya testing sudah sampai 8.000 sampai 10.000 testing yang kita lakukan sudah 6 kali lipat lebih tinggi dari standar yang diminta WHO," ujarnya.

Riza menyampaikan, ada kesadaran dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Namun, dia meminta masyarakat lebih sadar lagi.

"Namun demikian ini belum cukup kami minta ada kesadaran yang lebih lagi dari seluruh warga. Pasti kan kami sudah membuat berbagai panduan termasuk Kampung Siaga. Sejak awal Pak Gubernur menggarisbawahi pentingnya kampung siaga di RT/RW," kata Riza.

"Bahkan setiap rumah sudah kita minta membentuk menyiapkan satu anggota keluarga sebagai kader COVID," imbuhnya.

(aik/mae)