Klaster Baru Corona di DKI: Pernikahan hingga Hiburan Malam

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 13:09 WIB
Situasi Bundaran HI minggu pertama PSBB ketat, Minggu
Ilustrasi Bundaran HI pada minggu pertama PSBB ketat, Minggu (20/9). (WIlda/detikcom)
Jakarta -

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 mengungkapkan klaster-klaster baru penyebaran virus Corona di DKI Jakarta. Satgas menyebut klaster baru itu mulai dari hotel hingga acara pernikahan.

Tim Pakar Satgas COVID-19, dr Dewi Nur Aisyah, awalnya memaparkan klaster Corona di Ibu Kota per 12 September 2020. Klaster terbanyak adalah pasien yang berobat ke rumah sakit.

"Dari data klaster atau sebaran kasus yang ada di DKI Jakarta pada masa PSBB Transisi sejak tanggal 4 Juni sampai 12 September 2020. Sebaran kasus dari pasien yang datang dari rumah sakit. Yang kedua adalah pasien yang berasal dari komunitas, termasuk hasil contact tracing dari puskesmas, termasuk klaster keluarga masuk kategori ini. Ketiga adalah perkantoran," kata Dewi dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (23/9/2020).

Dewi kemudian memaparkan adanya klaster baru di DKI Jakarta, seperti perhotelan hingga tempat hiburan malam.

"Di sini sebenarnya ada beberapa yang baru yang sebelumnya tidak ada, contohnya adalah klaster hotel sudah mulai ada, pesantren ada, hiburan malam juga mulai ada," kata Dewi.

"Jadi memang ditemukan 3 kasus sebenarnya di sebuah hotel dan di dilihat 3 orang ini memang punya kontak sebenarnya. Ini masih dalam penyelidikan sebenarnya. Tapi muncul tempat baru yang berpotensi untuk penularan," sambungnya.

Lebih lanjut, Dewi menyebut juga ada kemunculan klaster baru seperti kegiatan pernikahan. Dia menyatakan pesta pernikahan berpotensi jadi tempat penularan Corona.

"Kegiatan pernikahan juga udah mulai muncul sekarang. Sudah ada 25 orang terinfeksi, walaupun kecil ya, tapi tetap ini sebuah kegiatan yang berpotensi jadi tempat penularan," jelasnya.

Simak video 'Klaster Pasien Rumah Sakit Jadi Klaster Tertinggi di DKI Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2