Pemkot Bogor Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi dari Ridwan Kamil

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 10:19 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Pemkot Bogor menyabet penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Jabar Juara Award 2020. Penghargaan ini diberikan ke Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) karena dinilai telah mengelola media sosial untuk keterbukaan informasi masyarakat dengan baik.

"Inilah pemenang lomba pengelolaan sosial media pada Jabar Juara Award 2020 di tingkat kota/kabupaten. Juara 3 kabupaten Bogor, juara 2 jatuh kepada Kota Bandung, dan juara pertama pengelolaan terbaik jatuh kepada Kota Bogor," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Diketahui, ajang ini merupakan apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bidang kehumasan yang telah memberikan kinerja terbaiknya sebagai pelayan informasi bagi masyarakat. Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan di era pandemi seperti saat ini, keterbukaan informasi, transparansi menjadi hal yang utama.

"Ini yang dari awal saya minta untuk dijadikan atensi oleh seluruh dinas terkait, terutama bagian Humas. Karena warga perlu disampaikan semua informasi terkait dengan COVID melalui berbagai kanal. Dan bukan saja hal yang sifatnya informasi update angka-angka ya, tapi yang lebih penting adalah edukasi," ungkap Bima.

Ia menambahkan penghargaan tersebut melengkapi semua ikhtiar yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Bogor. Oleh karenanya, ia terus menitik beratkan informasi pada pertarungan melawan COVID-19.

"Jadi kalau kemarin-kemarin tugas humas lebih kepada memberikan informasi terkait kegiatan pembangunan, program-program SKPD, sekarang titik beratnya lebih kepada bagaimana kita bersama-sama memenangkan pertarungan melawan Covid-19. Salah satu kuncinya adalah transparansi dan keterbukaan informasi publik," jelasnya.

Bima berharap dengan transparansi serta keterbukaan informasi yang disuguhkan, bisa memberikan pencerahan kepada warga. Ia pun meminta masyarakat dan pemerintah memiliki frekuensi yang sama untuk bisa mengatasi penularan COVID-19 di Kota Bogor.

"Saya juga berterima kasih kepada Pak Gubernur yang selalu memberikan apresiasi terhadap semua ikhtiar keterbukaan informasi, transparansi informasi yang dilakukan dalam berbagai bentuk inovasi dan kreasi," kata Bima.

Di tempat yang sama, Kabag Prokompim Pemkot Bogor Rudiyana mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan timnya.

"Penghargaan ini sebagai motivasi juga sebagai penyemangat untuk tim medsos dan kehumasan untuk selalu berkarya. Kedepannya, seperti yang disampaikan oleh Pak Wali saat ini fokus bagaimana publikasi penanganan dan pencegahan COVID-19," pungkasnya.

(ega/ega)