Hendak Maju di Pilkada, Pimpinan DPRD Riau Mundur dari Jabatan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 15:55 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi pilkada serentak (Zaki Alfarabi/detikcom)
Pekanbaru -

Tiga pimpinan DPRD Riau mengirimkan surat pengunduran diri ke Sekretaris Dewan. Hal itu sehubungan dengan hendak majunya mereka dalam pertarungan Pilkada Serentak 2020.

"Benar. Hari ini tiga pimpinan di Dewan, termasuk saya, mengajukan surat pengunduran diri yang kita sampaikan ke Sekwan. Ini sehubungan kami tiga pimpinan di DPRD Riau ikut dalam mencalonkan dalam pilkada," Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (22/9/2020).

Asri menjelaskan, selain dirinya yang mengundurkan diri, Ketua DPRD Riau Indra Gunawan alias Eet dan Wakil Ketua DPRD Riau Zukri mengambil langkah serupa. Indra Gunawan merupakan politikus dari Partai Golkar, Zukri dari PDI Perjuangan, dan Asri Auzar dari Partai Demokrat.

"Karena besok penetapan dari KPU, kami hari ini mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota Dewan," kata Asri.

Dijelaskan, surat pengunduran diri ini ditujukan kepada Mendagri sebagaimana surat keputusan (SK) ketiganya sebagai anggota Dewan. "Karena SK kita menjadi anggota Dewan dari Mendagri, kita menunggu surat keputusan pemberhentian dari Mendagri juga," jelas Asri.

Asri Auzar akan mencalonkan diri sebagai Bupati Rokan Hilir, Eet maju sebagai bakal calon Bupati Bengkalis, sedangkan, Zukri maju dalam pemilihan Bupati Pelalawan.

Pilkada Tetap Digelar Desember 2020 dengan Sejumlah Catatan:

[Gambas:Video 20detik]



(cha/aud)