Round-Up

Deretan Calon Kepala Daerah Positif COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 05:33 WIB
Warga mengikuti simulasi pemungutan suara Pilkada serentak 2020 di Jakarta, Rabu (22/7/2020). Simulasi tersebut digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.
Foto: Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pilkada 2020 memasuki tahapan pendaftaran para calon kepala daerah. Digelar saat pandemi, beberapa jagoan yang akan bertarung pada 9 Desember nanti terinfeksi virus Corona (COVID). Berikut daftarnya:

Calon Wali Kota Binjai

Di Sumatera Utara, bakal calon Wali Kota Binjai dinyatakan positif Corona. Lisa juga sempat datang ke KPU Binjai mendaftarkan dirinya yang berpasangan dengan, Sapta Bangun.

"Iya betul. Atas nama bu Lisa," kata Komisioner KPU Binjai, Robby Effendi dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (5/9/2020).

Lisa disertai calon wakilnya Sapta Bangun berangkat ke KPU Binjai untuk mendaftar pada Jumat (4/9) kemarin. Setelah sempat berada di KPU, Lisa yang juga Istri Wali Kota Binjai ini kemudian pamit lantaran alasan sakit.

"Sempat terlihat hadir. Sempat kita, pertama kan suratnya, kehadiran itu kan kami semua pasangan calon kita minta, menunjukkan hasil swab. Ternyata hasil swab Ibu Lisa masih menunggu sedang di jalan, jadi belum kami terima pendaftarannya. Sembari menunggu hasil itu, Ibu Lisa pergi pamit karena menyatakan dirinya sakit," ujar Robby.

Robby mengungkap tak lama kemudian surat tes Corona Lisa diterima KPU Binjai. Hasilnya positif, sementara calon wakilnya negatif.

"Betul. Suratnya datang kami buka positif, ya berarti keterangan swab dari pasangan calon sudah lengkap. Sesuai PKPU kan, walaupun hasilnya positif, berkasnya tetap kita lanjutkan," sebut Robby.

"Masih (di KPU). Negatif (Corona) dia. Karena pimpinan partainya pun lengkap, bakal paslon lengkap, karena yang satu sudah menunjukkan surat, karena hasilnya positif, tidak diperkenankan hadir. Kemudian kami teruskan untuk melakukan verifikasi," sebut Robby.

Calon Bupati Solok Selatan

Bakal calon Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Khairunas juga menjadi salah satu jagoan pada Pilkada 2020 yang positif COVID-19. Khairunas tidak hadir saat pendaftaran ke KPU Kabupaten Solok Selatan, lantaran sedang menjalani isolasi mandiri.

Bakal calon Wakil Bupati Yulian Efi usai mendaftar di KPU Solok Selatan, mengatakan, dirinya bersama Khairunas ke Jakarta pada 23 dan 24 Agustus 2020 untuk mengurus rekomendasi partai. Pasangan calon itu kembali ke Padang pada Rabu (2/9).

"Pada Rabu (2/9) KPU memberitahu kami bahwa untuk mendaftar pasangan calon harus melakukan tes usap mandiri sehingga pada Kamis (3/9) kami melakukan tes di bandara dan Sabtu pagi diberitahu hasilnya kalau Khairunas terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala dan sekarang sedang isolasi mandiri," kata Yulian Efi didampingi ketua tim pemenangan Zigo Rolanda di Padang Aro, Sabtu (5/9/2020) seperti dilansir Antara.

Dia menyebutkan, Khairunas sudah melakukan tes usap ulang pada Jumat malam dan berharap hasilnya negatif. Saat ini katanya, kondisi Khairunas dalam keadaan bugar dan tidak merasakan gejala apapun.

Calon Bupati Rokan Hilir

Suyatno, bakal calon Bupati Rokan Hilir (Rohil) di Provinsi Riau, mendaftar ke KPUD lewat virtual. Suyatno yang merupakan calon petahana ini terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kemarin baru satu pasangan bakal calon Bupati Rohil yang mendaftar, yakni Suyatno-Jamiludin. Hari ini tidak ada balon yang mendaftar," kata Ketua KPU Rohil Supriyanto kepada detikcom, Sabtu (5/9/2020).

Supriyanto menjelaskan Suyatno melakukan konfirmasi secara virtual. Supriyanto mengatakan metode daring ini sudah sesuai aturan.

"Sesuai aturan dibenarkan secara virtual bila terkena COVID-19," kata Supriyanto.

Suryanto menjelaskan, posisi balon Wakil Bupati Rohil, Jamiludin, tetap mendaftar ke kantor KPU Rohil. Pasangan ini didukung PDI Perjuangan 7 kursi dan PAN 4 kursi.

"Besok ada tiga paslon yang akan mendaftar. Jadi ada empat paslon di Pilkada Rohil," ujarnya.

Tonton juga video 'KPU Wajibkan Calon Kepala Daerah Jalani Swab Test Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2