Mendagri Tito Minta Kasatpol PP Proaktif Koordinasi ke KPU-Bawaslu

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 15:04 WIB
Mendagri Tito Karnavian
Mendagri Tito Karnavian (Foto: dok. Puspen Kemendagri)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta kasatpol PP proaktif berkoordinasi dengan jajaran KPU dan Bawaslu di wilayahnya. Dia menegaskan aparat Satpol PP harus satu pemikiran dengan penyelenggara.

"Saya minta rekan-rekan kasatpol PP proaktif berhubungan dengan jajaran KPU, Bawaslu, kepolisian, TNI, berada dalam satu kapal yang sama, satu pemikiran dan satu langkah yang sama," kata Tito dalam Rakor Kesiapsiagaan Penyelenggara Pilkada 2020 secara virtual, Selasa (22/9/2020).

Begitu juga dengan unsur Perlindungan Masyarakat (Linmas). Tito mengatakan Linmas berperan penting pada hari pemungutan suara.

"Linmas nanti akan sangat berperan pada saat hari pemungutan suara, karena Linmas adalah satu satunya unsur yang boleh masuk dalam TPS. Artinya, ada di sekitar TPS, yang lain tidak boleh," ujarnya.

Tito juga meminta Kasatpol PP membimbing unsur Linmas ini. Sebab, unsur ini akan banyak merekrut orang yang belum memiliki kapasitas yang sama dengan Satpol PP.

"Jadi Linmas ini juga sama, tolong rekan-rekan Satpol PP, belum tentu mereka memiliki pendidikan yang sama, memiliki karakter dan kapasitas yang sama dengan rekan-rekan Satpol PP, banyak yang direkrut mungkin sementara. Oleh karena itu, berikan pemahaman kepada mereka tentang tata cara bertindak, untuk menjadi penegak dan pengaman, terutama pada saat pemungutan suara, dan di kampanye juga saya kira bisa," jelasnya.

(eva/gbr)