Banjir di Rawajati Jaksel Surut, Warga Bersihkan Rumah dari Lumpur

Wilda Nufus - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 09:15 WIB
Banjir di Rawajati Jaksel Surut, Warga Bersihkan Rumah dari Lumpur
Warga Mulai Bersihkan Lumpur di Rumah (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Banjir yang sempat menggenangi rumah warga di RT 03 dan 04 RW 07 Rawajati, Jakarta Selatan, sudah surut. Warga kini mulai berjibaku membersihkan rumah yang sempat terendam setinggi 50 cm.

Pantauan detikcom di RT 04 RW 07, pukul 08.30 WIB, Selasa (22/9/2020), air sudah surut. Di lokasi hanya tersisa genangan beberapa sentimeter. Warga pun mulai membersihkan lumpur sisa luapan Kali Ciliwung.

Ketua RT 4, Sumarni, mengatakan air datang sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Ia menyebut tinggi air mencapai 50 cm.

"Jam 03.00 WIB tadi, tingginya sekitar 50 cm tuh," kata Sumarni di lokasi.

Banjir di Rawajati Jaksel Surut, Warga Bersihkan Rumah dari LumpurBanjir di Rawajati Jaksel Surut, Warga Bersihkan Lumpur di Rumah (Wilda/detikcom)

Sumarni menerangkan, saat ini warga sedang membersihkan sisa lumpur akibat luapan Kali Ciliwung. Mereka pun terlihat sibuk menata kembali barang-barang yang sudah diangkut.

"Lagi pada bersih-bersih sekarang," ujarnya.

Sumarni mengatakan warga sempat panik lantaran mendapat peringatan dari Kelurahan untuk segera mengungsi saat bendung Katulampa siaga satu. Akhirnya, warga sudah mengevakuasi diri sejak pukul 20.00 WIB malam tadi.

"Siaga 1 pada kabur, heboh se-Jakarta, Pak Lurah bilang kan, ya sudah jam 20.00 WIB pada ngungsi," imbuhnya.

Seperti diketahui, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta pada malam kemarin. Hal itu mengakibatkan air di Bendung Katulampa naik dan sejumlah wilayah di Jakarta mengalami banjir.

(knv/knv)