Wawalkot Jaksel Sebut Tak Ada Warganya Mengungsi Akibat Banjir

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 08:57 WIB
Isnawa Adji (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom).
Isnawa Adji (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta semalam hingga dini hari mengakibatkan sejumlah titik di Ibu Kota tergenang banjir. Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji memastikan, tidak ada warganya yang mengungsi akibat banjir.

"Yang pasti para lurah kita sudah punya tempat-tempat pengungsian, baik itu di sekolah, aula, dan lain-lain. Artinya, semua lurah sudah punya lokasi-lokasi tempat yang selalu disiapkan untuk mengantisipasi terjadi pengungsi dan insyaallah pagi hari ini tidak ada (pengungsi) walaupun tadi pagi kita sudah standby," kata Isnawa di Pintu Air Manggarai, Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/9/2020).

Isnawa menyatakan setiap kelurahan sudah menyiapkan lokasi-lokasi pengungsian apabila terjadi banjir. Selama hujan deras kemarin pun, sebut Isnawa, Pemkot Jakarta Selatan terus memonitor kondisi daerah rawan banjir.

"Kita di Jakarta Selatan dari kemarin sore kita monitor dengan tingginya intensitas hujan di DKI, termasuk Jakarta Selatan. Saya dengan Pak Wali, camat, lurah semuanya standby memantau semua titik-titik khususnya daerah yang berada di tepian sungai, contohnya di Kali Pesanggrahan maupun Ciliwung," jelas Isnawa.

"Alhamdulillah semua terkendali, artinya tidak ketinggian air ataupun yang merendam permukiman warga, walaupun ada 2-3 rumah di Rawajati tapi sudah surut lagi," tambahnya.

Isnawa juga memastikan, hingga pagi ini sudah tidak ada lagi genangan banjir di wilayah Jakarta Selatan.

"Jadi sampai tadi malam kami semua camat, lurah, Pak Wali Kota sampai jam 02.00 WIB terus memonitor titik-titik kelurahan atau RW yang kemungkinan rawan banjir. Tapi alhamdulillah sampai pagi hari ini tidak ada," ujar Isnawa.

Sebelumnya, berdasarkan data BPBD Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan Kapusdatin BPBD DKI M Insyaf, Selasa (22/9), per pukul 06.00 WIB, ada 49 RT di 5 wilayah kota administrasi terendam banjir. Kemudian, 23 jalan di Jakarta Barat tergenang.

Sebanyak 49 RT itu terdapat di Jakarta Barat dengan 14 RT. Ketinggian air di wilayah itu dari 10-80 cm. Kemudian Jakarta Selatan terdapat 10 RT dengan ketinggian 10-40 cm, Jakarta Timur terdapat 23 RT dengan ketinggian 10-100 cm, Jakarta Utara terdapat 1 RT dengan ketinggian 20-50 cm, serta Jakarta Pusat terdapat 1 RT dengan ketinggian 20 cm.

(gbr/gbr)