PVMBG: Dentuman di Jakarta Tak Berkaitan dengan Aktivitas Gunung Api

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 05:15 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Dentuman Misterius di Jabar-Sumsel (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi Dentuman (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan dentuman yang terdengar di Jakarta dan sekitarnya tak berkaitan dengan aktivitas gunung api. Berdasarkan catatan PVMBG, dalam satu minggu terakhir tak ada gejala peningkatan aktivitas gunung api yang berlokasi di dekat Ibu Kota.

"Dentuman yang terdengar di Jakarta tidak berkaitan dengan aktivitas gunung api," kata Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG, Nia Haerani kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

Nia menyebut dari catatan PVMBG, tak ada peningkatan aktivitas tiga gunung api yang berlokasi di dekat Jakarta. Baik itu aktivitas kegempaan dan aktivitas yang tampak secara visual.

"Gunung api yang terdekat ke Jakarta (Gunung Gede, Salak, Anak Krakatau), dalam seminggu terakhir tidak menunjukkan adanya gejala peningkatan aktivitas, baik secara visual ataupun kegempaan," sebut Nia.

"Pengamatan visual ke arah kawah/puncak G. Salak dan G. Gede tidak teramati adanya hembusan gas. Sedangkan G. Anak Krakatau teramati asap putih tipis dengan tinggi 25 hingga 50 m dari puncak," sambungnya.

Aktivitas kegempaan di tiga gunung tersebut kata Nia naik turun. Sementara gempa vulkanik terekam stabil.

"Kegempaan dari ketiga gunung api berfluktuatif, gempa-gempa vulkanik masih terekam dengan jumlah stabil," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2