Kemenkum HAM Periksa Teman WN China yang Kabur dan Petugas Lapas Tangerang

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 17:41 WIB
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Foto: Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Jakarta -

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) turut menginvestigasi internalnya terkait kaburnya narapidana kasus narkoba warga negara China Cai Changpan dari Lapas Tangerang. Inspektorat Kemenkum HAM dan Direktorat Pemasyarakatan memeriksa teman sekamar WN China tersebut.

"Warga binaan pun sudah diperiksa sekitar 8 orang yang terkait dalam artian terkait dalam kondisi tersebut. Narapidana teman satu kamarnya, di kanan kiri kamarnya, dan yang sering kontak dengan yang bersangkutan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti, saat dihubungi, Senin (21/9/2020).

Selain itu, Kemenkum HAM juga memeriksa 6 petugas Lapas Tangerang terkait peristiwa tersebut. Secara bertahap nantinya pihak yang diduga mengetahui kejadian tersebut juga akan diperiksa.

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan kepada petugas tentunya bertahap dan selalu ada pengembangan dan saat ini sudah diperiksa sekitar 6 orang petugas dan ini terus bertahap oleh Tim Direktorat Pemasyarakatan dan oleh Inspektorat Kementerian Hukum dan HAM," ujar dia.

Seperti diketahui, Cai Changpan kabur dari Lapas Klas I Tangerang dengan menggali lubang di selnya pada Senin (14/9). Galiannya itu tembus hingga dinding samping Lapas.

Dari hasil penyelidikan, ada beberapa barang yang ditemukan di dalam sel Cai. Barang tersebut di antaranya obeng dan besi.

Sebelumnya Kalapas Kelas I Tangerang Jumadi menyebut sedang menelusuri keterlibatan orang dalam yang diduga terkait insiden tersebut.

"(Kemungkinan orang dalam terlibat) ya kalau kita semua kan mengarah ke sana, kan tidak mungkin dia sendiri, pasti ada bantuan, itu yang kita cari," kata Kalapas Kelas I Tangerang Jumadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/9).

"Jadi Polres juga melihat dari sisi itu dan kita dari Dirjen juga melihat seperti apa. Ini semua lagi berproses, nggak serta-merta satu-dua hari selesai," lanjutnya.

Detik-detik WN China Kabur dari Lapas Tangerang:

[Gambas:Video 20detik]



(yld/knv)