Polisi Sebut Napi Narkoba Lapas Tangerang Gali Lubang Kabur Sejak 6 Bulan

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 15:21 WIB
Gambar ilustrasi penjara (Reuters / Dario Pignatelli)
Ilustrasi penjara (REUTERS/Dario Pignatelli)
Jakarta -

Cai Changpan, warga negara asal China yang merupakan narapidana narkoba kabur melalui lubang galian di sel Lapas Tangerang. Polisi mengatakan, proses penggalian itu diduga dilakukan sejak 6 bulan lalu.

"Ada indikasi dari keterangan awal teman sel yang bersangkutan bahwa dia sudah melakukan kurang lebih 5 sampai 6 bulan dengan menggunakan beberapa alat yang sudah kita sita," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/9/2020).

Lebih lanjut Yusri mengatakan bahwa peralatan untuk menggali lubang didapat dari dalam Lapas. Di Lapas Tangerang sedang ada renovasi dapur.

"Karena memang di dalam sel lapas itu sedang ada pembangunan dapur. Alat itu didapat dari dekat penggalian alat dapur itu," jelas Yusri.

Dia menambahkan, saat ini petugas kepolisian terus melakukan penyelidikan terkait kaburnya napi tersebut. Yusri belum menyimpulkan apakah ada keterlibatan orang dalam terkait kaburnya napi tersebut.

"Ini masih kita lakukan penyelidikan bersama-sama sesuai dengan izin dari kepala Lapas. Kita bentuk tim untuk penyelidikan, apakah ada kemungkinan keterlibatan yang lain. Nanti kita tunggu saja hasilnya seperti apa," terang Yusri.

Yusri menambahkan, pihaknya mengetahui hal itu setelah meminta keterangan teman satu sel pelaku. Pemeriksaan tersebut dilakukan seizin pihak Lapas Tangerang.

"Kita penyelidikan izin dari Lapas, kemudian kita ambil keterangan termasuk petugas Lapas, teman satu sel pelaku yang mengetahui memang sekitar 6 bulan. Iya (penggalian dilakukan) 5-6 bulan itu hasil lidik bersama pihak Lapas," ujar Yusri saat dihubungi detikcom.

Untuk diketahui, Cai kabur dari Lapas Klas I Tangerang dengan menggali lubang di selnya. Galiannya itu tembus hingga dinding samping Lapas.

Dari hasil penyelidikan, ada beberapa barang yang ditemukan di dalam sel Cai. Barang tersebut di antaranya obeng dan besi.

Peristiwa kaburnya Cai terjadi pada Senin (14/9) pagi. Jumadi memastikan ada lubang di dalam kamar sel Cai. Setelah ditelusuri, lubang itu terhubung ke bagian luar lapas.

(mea/mea)