Meski Dilarang, Masih Ada Penumpang KRL yang Pakai Masker Scuba-Buff

Tiara Aliya - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 13:45 WIB
Penumpang KRL yang masih menggunakan masker scuba-buff di Stasiun Kalibata
Penumpang KRL yang masih menggunakan masker scuba-buff di Stasiun Kalibata (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) hari ini mewajibkan penumpang kereta rel listrik (KRL) memakai masker kain 3 lapis atau masker kesehatan sekali pakai. Namun, di Stasiun Duren Kalibata masih ditemukan sejumlah penumpang KRL yang memakai masker scuba ataupun buff.

Pantauan detikcom, Senin (21/9/2020) pukul 12.30 WIB di Stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan,terpantau sepi. Hanya ada sejumlah penumpang sedang menunggu datangnya KRL di peron.

Seluruh penumpang yang masuk dipastikan memakai masker. Namun, tidak semua penumpang memakai masker sesuai anjuran KCI.

Terlihat masih ada sejumlah penumpang KRL yang memakai masker buff ataupun scuba. Mayoritas penumpang laki-laki yang masih memakai buff. Sedangkan, masker scuba masih banyak dipakai oleh penumpang laki-laki dan perempuan.

Sejumlah aparat TNI maupun petugas stasiun tampak berjaga di depan pintu masuk stasiun dan berkeliling di sekitar peron. Namun, aparat tak menegur penumpang yang bermasker scuba maupun buff. Para penumpang tetap diperkenankan memasuki peron.

Selain itu, tak terlihat pula spanduk atau banner berisi larangan penggunaan masker. Setiap 30 menit petugas stasiun selalu mengingatkan anjuran tidak menggunakan masker scuba dan buff melalui pengeras suara.

"Atas standarisasi pemerintah bahwa Untuk tidak menggunakan masker scuba dan buff saat berada di area stasiun maupun di dalam krl. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih," kata salah satu petugas Stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (21/9/2020).

Seperti diketahui, Sekarang adalah hari pertama penerapan kewajiban menggunakan masker yang efektif mencegah droplet di dalam Kereta Rel Listrik (KRL). Masker scuba tidak boleh lagi digunakan di dalam KRL.

"Mulai Senin (21/9) KCI mewajibkan seluruh penggunanya untuk memakai masker yang terbukti efektif dalam mencegah droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, dalam keterangannya, Jumat (18/9) lalu.

PT KCI mengajak para pengguna KRL menggunakan masker dengan cara yang tepat, yakni menutupi hidung dan mulut sampai ke dagu.

Masker scuba atau buff termasuk masker satu lapis, bukan masker tiga lapis. Memang aturan yang mulai diterapkan hari ini tidak menyebut soal pelarangan masker scuba. Namun sebelumnya, PT KCI telah melakukan sosialisasi kepada pengguna KRL agar menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba.

(eva/eva)