Pemprov Riau Siapkan 1.521 Ruang Isolasi untuk Pasien Corona Tanpa Gejala

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 12:29 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Edi Wahyono/detikcom)
Pekanbaru -

Pemprov Riau menyiapkan 1.521 ruang isolasi untuk pasien positif Corona tanpa gejala. Ruangan isolasi yang disediakan ini berada di luar dari rumah sakit rujukan.

"Dari ruangan isolasi yang telah disediakan ini, sampai sekarang belum sampai 100 yang sudah digunakan. Ini perlu disampaikan agar tidak muncul kekhawatiran masyarakat kalau terus terjadi lonjakan (COVID-19)," kata Gubernur Riau Syamsuar kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

Syamsuar mengatakan Satgas COVID-19 Riau dan Kota Pekanbaru telah sepakat untuk mendata semua pasien gejala ringan dan tanpa gejala. Nantinya, pasien tanpa gejala atau dengan gejala ringan yang dinilai tak mampu melakukan isolasi mandiri di rumah akan dibawa ke ruang isolasi yang sudah disediakan.

"Bagi pasien gejala ringan dan OTG (orang tanpa gejala) yang kurang mampu untuk dipindahkan ke ruang isolasi yang disediakan. Ruang isolasi disediakan di antaranya di Rusunawa Rejosari, Diklat Badan Pengembangan SDM Riau, Bapelkes Riau, Asrama Haji, dan sejumlah hotel bintang dua dan tiga," kata Syamsuar.

Syamsuar berharap tak ada pasien Corona yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Dia menilai pasien lebih mudah diawasi petugas medis bila melakukan isolasi di ruangan yang telah disediakan.

"Akan kita data pasien OTG yang dari keluarga kurang mampu, akan dipindahkan ke fasilitas kesehatan yang disediakan. Ini fasilitas di luar rumah sakit, seperti di diklat dan hotel yang sudah kita siapkan," katanya.

Dia juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan tenaga kesehatan di lokasi isolasi selain RS. Penambahan tenaga kesehatan akan melibatkan tenaga dari rumah sakit TNI dan RS Polda Riau.

(cha/haf)