Menag Fachrul Razi Jadi Menteri Ketiga yang Terpapar Corona

Eva Safitri - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 10:03 WIB
Menag Fachrul Razi hadiri rapat bersama Komisi VIII DPR. Sejumlah hal dibahas di rapat itu, salah satunya soal upaya pencegahan virus corona untuk jemaah haji.
Menag Fachrul Razi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama Fachrul Razi dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Fachrul Razi menambah daftar menteri yang terpapar Corona setelah Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri KP Edhy Prabowo.

Dua menteri sebelumnya, Budi Karya dan Edhy Prabowo, yang terinfeksi virus Corona ini sudah ada yang dinyatakan sembuh. Namun Edhy masih dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Berikut ini catatannya.

1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kini sudah pulih kembali setelah sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Dari catatan detikcom, Budi Karya menjadi petinggi negara pertama di Indonesia yang terjangkit virus Corona.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Mensesneg Pratikno saat melakukan pengumuman kondisi BKS di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Menhub Budi Karya SumadiMenhub Budi Karya Sumadi (Andhika Prasetia/detikcom)

Budi Karya dinyatakan positif Corona pada 14 Maret lalu. Dia sempat drop dan terbaring di rumah sakit karena Corona. Saat dirawat, Budi Karya menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negatif. Namun 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua.

Pada 27 April 2020, Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya, Sp THT, Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Setelah sembuh, Budi Karya langsung tancap gas bekerja dan aktif kembali sebagai menteri.

"Saat ini Menhub Budi Karya Sumadi dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020. Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19," tulis pihak Kemenhub.

2. Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo

Menteri KKP Edhy Prabowo menjadi daftar kedua menteri yang terpapar positif Corona. Informasi terpaparnya Edhy ini awalnya dibenarkan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan.

Daniel mengatakan Edhy Prabowo dikabarkan positif COVID-19 sejak Kamis (3/9/2020). Ia menyatakan mendapat informasi tersebut dari salah satu staf di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP).

"Iya, kabar yang saya dapat seperti itu (Menteri KP Edhy Prabowo positif COVID-19), Kamis tanggal 3 (September). Dari staf di dalam (Kementerian KP)," kata Daniel saat dimintai konfirmasi pada Selasa (8/9). Komisi IV DPR adalah mitra Kementerian KP.

Menteri KKP Edhy PrabowoMenteri KP Edhy Prabowo (Dok. KKP)

Partai Gerindra pun angkat bicara terkait hal ini. Elite Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberitahukan perkembangan kondisi kadernya yang juga menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Dasco menyebut Edhy memang sempat masuk ruang ICU, dan kini kondisinya sudah negatif virus Corona.

"Bahwa benar yang bersangkutan Saudara Edhy Prabowo terkena COVID-19. Saudara Edhy Prabowo pertama-tama ditangani oleh RS Polri Kramat Jati dan lalu kemudian dipindahkan ke RS AD atau RSPAD," kata Dasco dalam keterangannya, Rabu (16/9).

Menag Fachrul Razi Positif COVID-19:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2