Kapolrestabes Makassar-Dirreskrimum Polda Sulsel Terpilih Jadi Korwil KPK

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 10:28 WIB
Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono
Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono dan Dirreskrimum Polda Sulsel Kombes Didik Agung Widjanarko terpilih menjadi koordinator wilayah (Korwil) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dua perwira Polri itu terpilih setelah mengikuti tes.

"Dari sini memang calonnya 2, saya sama Didik (Kombes Didik). Saya (terpilih) masuk Korwil, Bang Didik dari Dirdik masuk Korwil juga," kata Yudhiawan kepada detikcom, Sabtu (20/9/2020).

Yudhiawan mengatakan beberapa bulan terakhir dia memang sibuk menjalani tes untuk masuk ke KPK. Dia mengatakan tes tersebut juga diikuti oleh sipil.

"Dibuka pendaftaran, saya daftar, tes. (Saya) mengalahkan yang lain, alhamdulillah nilai saya terbaik," kata dia.

Rencananya Yudhiawan dan Didik dilantik sebagai Korwil KPK pada pekan depan, namun belum diketahui di wilayah mana Yudhiawan dan Didik bertugas sebagai Korwil KPK.

"Dilantik hari Selasa pagi (agendanya). Habis itu saya pamit ke sini lagi, kan saya belum beres-beres barang juga," kata Yudhiawan.

Tak hanya beres-beres barang, sambung Yudhiawan, tetapi masih ada beberapa hal terkait tugasnya sebagai Kapolrestabes Makassar yang masih akan diverifikasi lebih dulu sebelum ia benar-benar pergi. Pelantikan dirinya sebagai Korwil KPK juga akan disusul mutasi di Mabes Polri.

"Administrasi kantor belum, kan beda, yang ndag ada jabatan kan pergi, pergi begitu saja. Kalau saya di sini kan harus verifikasi keuangan, verifikasi kasus, ndag boleh pergi begitu saja," katanya.

"Pasti minggu depan dimutasi Mabes Polri, pasti, katanya lagi.

Diketahui, Yudhiawan bukan kali ini akan bertugas di KPK. Sebelumnya, dia sudah pernah menduduki jabatan fungsional sebagai kepala satuan tugas penyidik. Yudhiawan bertugas di KPK selama 7 tahun, yakni sejak awal 2006 hingga akhir 2012.

"Iya, sudah punya pengalaman (di KPK)," pungkas Yudhiawan.

Tonton juga 'Rapat Dengan DPR, KPK Ungkap Punya 69 Tunggakan Perkara':

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/nvl)