Round-Up

Sisa-sisa Jejak WN China Gali Lubang Sel hingga Kabur dari Lapas

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 05:15 WIB
Narapidana narkoba WN China bernama Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Cai kabur dengan membuat galian yang tembus ke gorong-gorong samping lapas.
Selokan disumbat agar jalur pelarian kering (Foto: Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Tangerang -

Bak adegan dalam film, narapidana Cai Changpan kabur dari Lapas Tangerang dengan cara menggali lubang di kamar selnya. Pelarian WN China itu meninggalkan sejumlah jejak.

Kepala Lapas Klas I Tangerang Jumadi awalnya mengungkapkan Cai kabur sejak Senin, 14 September 2020, pagi hari.

Jumadi memastikan ada lubang di dalam kamar sel Cai. Setelah ditelusuri, lubang itu terhubung ke bagian luar lapas.

"Ada, ada (lubang di luar lapas), dalam artian memang dia yang bikin, dari bikinan dia (lubang)," ujar Jumadi.

Jumadi belum dapat menjelaskan alat apa yang dipakai Cai untuk menggali lubang. "Kalau di dalam kan apa pun bisa dipakai. Senekatnya itu. Kalau kemampuan orang biasa nggak bisa sekuat itu karena jauh jaraknya," ungkapnya.

Kasus ini kini tengah ditangani oleh Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM. Proses investigasi masih terus berjalan.

"Saat ini sedang dilakukan penyelidikan dan investigasi oleh tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Inspektorat Jenderal Kemenkum HAM, Kanwil Kemenkum HAM Banten," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti lewat pesan singkat kepada detikcom, Jumat (18/9/2020).

Usut punya usut, pihak Lapas Tangerang menemukan peralatan obeng hingga besi di sel napi tersebut.

"Ya kemarin itu peralatan yang diketemukan (di sel) sudah dibawa ke Polresta. Ya ada obeng, ada besi, ya. Nanti di sana, di Polres sana," kata Kalapas Klas I Tangerang Jumadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/9/2020).

Menurut Jumadi, Cai kabur lewat samping lapas.

Lubang Galian yang Digunakan Napi Narkoba Lapas Tangerang Melarikan DiriLubang Galian yang Digunakan Napi Narkoba Lapas Tangerang Melarikan Diri Foto: Dok. Istimewa

"(Galian lubang ke luar) samping lapas, jalan samping, Bukan lewat situ (jalan utama), di samping, dinding," kata Jumadi.

Jumadi pun menegaskan proses penyelidikan masih berlangsung. Teman satu sel Cai diperiksa.

"(Penyelidikan) belum (selesai). Kita lihat dulu ininya, kan masih menggali-gali informasi. Kita gali dulu yang lainnya, temannya seperti apa, karena kan nggak semua itu. Masih ada prosesnya," tuturnya.

Sementara itu, melalui pesan singkat, Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Apriantis mengatakan proses investigasi masih terus berjalan.

Atas peristiwa tersebut, pihak lapas sedang menelusuri adanya keterlibatan orang dalam.

"(Kemungkinan orang dalam terlibat) ya kalau kita semua kan mengarah ke sana, kan tidak mungkin dia sendiri, pasti ada bantuan, itu yang kita cari," kata Kalapas Klas I Tangerang Jumadi saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/9/2020).

"Jadi Polres juga melihat dari sisi itu dan kita dari Dirjen juga melihat seperti apa. Ini semua lagi berproses, nggak serta-merta satu-dua hari selesai," lanjutnya.

Jumadi menuturkan aktivitas Cai di dalam sel tidak terekam CCTV sehingga tidak terlihat bagaimana Cai membuat galian lubang tersebut. Pihak lapas juga sudah bekerja sama dengan polisi untuk memburu Cai.

Tonton juga 'Melihat Lubang Galian Napi Untuk Kabur dari Lapas Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2