Nadiem: Saya Yakin Angkatan 2020 Jadi Jagoan yang Tahan Banting

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 12:14 WIB
Nadiem Makarim
Foto: Screenshot/detikcom
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan pesan selamat wisuda untuk lulusan angkatan 2020. Ia meyakini angkatan ini merupakan generasi yang spesial yang mampu membangun bangsa ke arah yang lebih baik di masa depan. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Wisuda Online 2020 di Maxstream yang digelar secara virtual.

"Dengan adanya pandemi ini saya yakin angkatan ini akan menjadi angkatan jagoan yang tahan banting dan bertahan di situasi apa pun. Rintangan teman-teman sekalian masa depan Indonesia berada, berikanlah yang terbaik untuk kemajuan bangsa," ujarnya Sabtu (19/9/2020).

Nadiem berharap bekal pengetahuan yang dimiliki oleh angkatan 2020 selama masa kuliah dapat menjadi pendorong seseorang menempati pekerjaan yang diimpikan. Sebab, cara kerja di masa depan akan jauh berbeda dibandingkan pada masa saat ini.

"Kita sudah bisa melihat tren munculnya jenis pekerjaan baru kemampuan memecahkan masalah kemampuan sosial dan kognitif dan pemahaman proses dan sistem adalah keterampilan yang akan paling dicari di tempat kerja," ungkapnya.

"Saya sangat berharap dengan bekal pengetahuan semasa kuliah teman-teman bisa menempati posisi-posisi di bidang pekerjaan atau bisnis yang bernilai tambah. Dan yang paling penting ini teman-teman selalu senang dalam mencoba hal baru dan selalu bersemangat melakukan yang terbaik dalam hal apapun," jelasnya.

Ia pun berpesan agar wisudawan jangan malu untuk meminta masukan dan bantuan dari orang lain untuk belajar. Menurutnya belajar tidak mengenal kondisi apa pun. Demikian halnya dalam bekerja, kreativitas, kewirausahaan dan ketangguhan yang terbentuk selama menempuh pendidikan tinggi.

"Pesan saya kepada teman-teman, belajar itu tidak hanya sampai di sini atau nanti ketika sudah bekerja, belajar adalah proses sepanjang hayat. Jangan patah semangat dalam mengatasi situasi pandemi, tetap optimis dan memotivasi diri untuk belajar mengatasi tantangan hidup dan permasalahan yang ada di masyarakat kita," pungkasnya.

Simak juga video 'Nadiem Jamin Tak Ada Mahasiswa PTN DO karena Tak Mampu Bayar UKT':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)