Mau Tau Kisah Perjuangan Nadhira Afifa di Harvard? Simak di Sini

Abu Ubaidillah - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 08:45 WIB
Nadhira Nuraini Afifa
Foto: Instagram @nadhiraafifa
Jakarta -

Jauh dari keluarga dan orang-orang tercinta kerap menjadi alasan seseorang enggan menimba ilmu ke luar negeri. Namun jika ingin sukses dan bahkan dapat memberi kontribusi terhadap Negeri, kekhawatiran tersebut harus dikesampingkan.

Inilah yang dilakukan oleh Nadhira Nuraini Afifa, mahasiswa Harvard University yang baru menyelesaikan pendidikannya pada Mei 2020 lalu dan mendapat gelar Master of Public Health. Bahkan, Nadhira harus berjuang kuliah dengan kondisi LDR dengan suami.

Perjuangan Nadhira tak sia-sia, ia menjadi salah satu diaspora yang inspiratif dan bahkan banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia, terlebih setelah dia menjadi satu-satunya perwakilan mahasiswa yang berpidato pada acara kelulusan di Harvard University.

Ya, Nadhira merupakan sosok yang inspiratif bagi para mahasiswa baru maupun wisudawan yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya. Nadhira akan menceritakan pengalamannya sebagai mahasiswa Indonesia di luar negeri dalam acara Wisuda Online 2020 yang disiarkan secara streaming di MAXstream.

Nadhira akan mengisahkan caranya beradaptasi dengan bahasa, budaya, hingga hal-hal paling berat yang hadir di awal, pertengahan, dan akhir perjalanannya menjadi mahasiswa di luar negeri.

Nadhira juga akan memberi pesan kepada yang baru lulus dan bercita-cita ingin menjadi diaspora untuk mengharumkan nama Indonesia dan memupuk ilmu untuk mengembangkan potensi dalam negeri di kemudian hari.

Selain Nadhira, akan hadir pula Tasya Kamila yang juga akan menceritakan perjalanannya menuntut ilmu di Columbia University. Akan hadir pula Mendikbud, Nadiem Makarim yang akan memberi semangat motivasi untuk para lulusan tahun 2020 serta menjelaskan peluang kerja yang mungkin bisa dilakukan.

Wisuda Online 2020 di MAXstream akan disiarkan pada hari Sabtu, 19 September 2020 pukul 11.00 - 17.00 WIB. Selain inspiratif, acara ini juga seru dan menghibur karena akan dimeriahkan oleh sederet artis hingga stand up comedian. Jadi, jangan lewatkan ya!

(ega/ega)