Round-Up

Mesra Jokowi-Fahri Hamzah Berlanjut ke Panggung Pilkada

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 21:35 WIB
Jokowi-Maruf bersama Fahri Hamzah dan Fadli Zon (YouTube Setpres)
Foto: Jokowi-Ma'ruf bersama Fahri Hamzah dan Fadli Zon (YouTube Setpres)

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wuryanto awalnya mengatakan dukungan Gelora ke Gibran dan Bobby akan menambah banyak pendukung. Hal itu, menurut Bambang, menguntungkan Gibran dan Bobby secara elektoral.

Pria yang akrab disapa Pacul ini kemudian memberikan penilaian motif dukungan Gelora kepada Gibran dan Bobby. Pacul mengatakan ada tiga motif dalam dunia politik dalam memberikan dukungan ke pasangan calon.

"Tentu kemudian sebagai politisi tentu dukungan ada maksud, kan begitu, ada motif, motif atau kepentingannya, kira-kira kepentingannya Gelora mendukung apa? Motif itu hanya ada tiga, yang pertama motif kekuasaan, yang kedua adalah motif persahabatan, dan yang ketiga adalah motif achievement untuk partainya," ujar elite PDIP ini.

Menurut Pacul, motif Gelora mendukung Gibran dan Bobby yang paling mendekati adalah motif persahabatan. Motif persahabatan Gelora ini berdasarkan hubungan baik Fahri Hamzah dengan Presiden Jokowi.

"Dugaan saya kalau power (kekuasaan) nggak, profit kekuasaan nggak, karena porsinya kecil kan begitu, jadi tidak bisa bargain kan, kalau motifnya persahabatan mungkin," tutur Pacul.

Halaman

(imk/imk)