PAN Wajar Kasus Corona di Kemenkes Tertinggi: Mereka Front Liner

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 19:56 WIB
Gedung BPOM, Balitbangkes, dan P2PL
Gedung Litbangkes Kemenkes (Foto: Firdaus Anwar/detikcom)
Jakarta -

Data Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menunjukkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki kasus COVID-19 tertinggi dibanding lembaga lain. Anggota Komisi IX F-PAN Saleh Partaonan Daulay menilai banyaknya pegawai Kemenkes terpapar Corona disebabkan mereka bekerja di garda terdepan (front liner).

"Saya melihat terkait dengan banyak mereka yang terpapar COVID-19 di Kementerian Kesehatan justru itu mungkin bisa dilihat dari fakta bahwa memang para pegawai Kementerian Kesehatan ini mereka itu mereka juga sebetulnya adalah orang yang bekerja di front liner," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (18/9/2020).

Pegawai Kemenkes, kata Saleh, terjun langsung memeriksa pelayanan kesehatan terkait Corona di berbagai rumah sakit. Pegawai Kemenkes ini terjun untuk memastikan kelengkapan pelindung diri hingga alat-alat kesehatan.

"Dimana mereka juga terjun untuk memeriksa rumah sakit, dimana mereka juga memeriksa bagaimana pasien-pasien yang sedang dirawat. Memeriksa alat-alat kesehatan yang dibutuhkan, APD, masker dan seterusnya," ujar legislator bidang kesehatan ini.

Hal itu yang menurut Saleh potensi pegawai Kemenkes terpapar Corona cukup besar. Menurut Saleh, tak berbeda jauh dengan tenaga kesehatan lainnya.

"Bahkan mereka sebetulnya kan ikut terjun langsung untuk katakanlah ke daerah-daerah untuk memastikan pelayanan COVID-19. Jadi menurut saya, peluang mereka untuk terjangkit virus itu memang besar juga, tidak begitu jauh dengan tenaga kesehatan lainnya," imbuhnya.

Saleh DaulaySaleh Daulay (Foto: dok detikcom)

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengungkap data sejumlah klaster Corona di kantor kementerian dan lembaga instansi pemerintah. Hasilnya, Kementerian Kesehatan RI memiliki jumlah kasus Corona tertinggi.

Dihimpun dari situs corona.jakarta.go.id, di Kementerian Kesehatan tercatat ada 139 kasus positif Corona. Angka ini terpaut cukup jauh dengan peringkat kedua, yakni Kementerian Perhubungan, dengan 90 kasus.

Klaster tertinggi berikutnya adalah Bandan Litbangkes Kemenkes, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Hukum dan HAM. Masing-masing terdata memiliki 49 kasus, 42 kasus, dan 35 kasus.

Tonton video 'Pemerintah Temukan 1.000 Lebih Klaster Corona di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/jbr)