Wanita Gosok Bendera Merah Putih Pakai Sikat WC Jadi Tersangka

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 19:54 WIB
poster
Ilustrasi unggahan viral di media sosial (Foto: Edi Wahyono-detikcom)
Medan -

Polisi menetapkan wanita Rohmeini Purba (28), yang viral karena diduga menggosok bendera Merah Putih dengan sikat WC sebagai tersangka. Dia dijerat pasal dugaan menghina lambang negara.

"Tindak pidana setiap orang yang mencoret, menulisi, menggambari atau membuat rusak lambang negara dengan maksud menodai, menghina atau merendahkan kehormatan lambang negara dan/atau tindak pidana setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik terhadap seorang pejabat pada waktu atau karena menjalankan tugas yang sah," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Jumat (18/9/2020).

Rohmeini dijerat Pasal 57 juncto Pasal 68 UU 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan dan/atau Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU 19 tahun 2016 Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 310 juncto Pasal 316 KUHP. Rohmeini telah ditahan.

Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap Rohmeini serta saksi ahli terkait kasus ini. Sejumlah barang bukti berupa ponsel, akun Facebook, serta akun Instagram juga disita.

Sebelumnya, video bendera Merah Putih digosok dengan sikat WC tersebut diunggah oleh sebuah akun Instagram. Dalam video berdurasi 1 menit 24 detik itu, tampak bendera Merah Putih diletakkan di lantai toilet.

Orang dalam video itu kemudian menunjukkan sikat WC yang dicelupkan ke lubang kloset. Setelah dari lubang kloset, sikat itu diarahkan menggosok bendera Merah Putih.

Tindakan tersebut diulangi beberapa kali. Selain video tersebut, akun tersebut mengunggah foto bendera Merah Putih diletakkan di tanah dan diinjak.

Pemilik akun juga mengunggah video bendera Merah Putih diletakkan di tanah lalu diinjak dengan kaki berlumpur. Ada juga unggahan yang menunjukkan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditaburi dedaunan.

Ada juga foto Wapres Ma'ruf Amin yang diinjak dan dicoret-coret. Pemilik akun juga mengunggah foto Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok yang diedit hingga berjanggut tebal.

Salah satu posting-an dalam akun itu menunjukkan pihak diduga pemilik akun sedang duduk di depan sepeda motor dengan pelat BK, yang menandakan Sumatera Utara. Ada juga unggahan berupa tangkapan layar aplikasi salah satu ojek online disertai narasi rumahnya yang berada di Lubuk Pakam, Deli Serdang.

(haf/jbr)