Pelanggar Protokol COVID di Jakut Turun, Pangdam Jaya: Kesadaran Warga Membaik

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 18:19 WIB
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (Arun-detikom)
Foto: Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (Arun-detikom)
Jakarta -

Jumlah pelanggar operasi yustisi di Danau Sunter, Jakarta Utara hari ini mulai menurun. Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menilai, operasi yustisi berjalan efektif dan kesadaran masyarakat terhadap protokol COVID-19 mulai membaik.

"Kalau kita lihat dari jumlah pada hari ini di pos operasi yustisi Sunter tadi mulai jam 13.00 WIB kita laksanakan operasi ada 9 pelanggar. Kalau kita lihat berarti terjadi penurunan yang signifikan dibanding hari pertama dan kedua. Hari pertama luar biasa. Jadi efektivitas rupanya kesadaran masyarakat sudah mulai membaik," kata Dudung di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (18/9/2020).

Ada 9 pelanggar yang terjaring operasi yustisi di Danau Sunter. Sebanyak 4 orang memilih sanksi denda, sedangkan 5 orang sanksi kerja sosial.

Dudung menyatakan, pihaknya sudah memulai program pengawasan protokol kesehatan COVID-19 dari tingkat kelurahan yang dilakukan komponen masyarakat. Program ini, menurutnya, begitu manjur membantu pendisiplinan warga dalam menjalankan 3M.

"Ada juga bahwa di masing-masing kelurahan baru ditunjuk ada 5 kelurahan di Jakarta Utara, Pusat, Barat, Timur, dan Selatan sebagai pilot project, setiap kelurahan ada 100 orang yang tergabung dari komponen masyarakat yang langsung menyampaikan atau bersosialisasi ke masyarakat soal wajib pakai masker, kemana pun memakai masker, rupanya sangat akurat, sehingga mayoritas sudah banyak dan sadar pentingnya pakai masker," jelasnya.

Dudung menegaskan, operasi yustisi bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat soal bahaya COVID-19. Diharapkan, ke depan operasi ini mampu menekan penyebaran Corona di DKI Jakarta.

"Pada dasarnya aparat TNI-Polri serta Satpol PP, kejaksaan, dan kehakiman bertugas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk menekan jangan sampai penyebaran COVID-19 di Jakarta semakin meningkat," ungkap Dudung.

Sebelumnya, Kapolda Metro Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memantau operasi yustisi dan sidang tindak pidana ringan (tipiring) di kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara. Ada 9 pelanggar yang terjaring karena tidak mematuhi protokol COVID-19.

Simak video 'Pemerintah Temukan 1.000 Lebih Klaster Corona di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)