Gubernur Riau Berlakukan WFH, Cegah Penularan Corona di Lingkungan Pemprov

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 16:34 WIB
Gubernur Riau Syamsuar (Chaidir-detikcom)
Foto: Gubernur Riau Syamsuar (Chaidir-detikcom)
Pekanbaru -

Gubernur Riau, Syamsuar kembali menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH). Hanya 25 persen aparatur sipil negara (ASN) dan honorer pada tiap dinas yang kerja di kantor setiap harinya.

"Penyebaran virus Corona ini kian banyak di Riau khususnya di Pekanbaru. Jumlahnya saat ini sudah di atas 4.000-an. Kondisi ini membuat Gubernur Riau (Syamsuar) kembali memberilakukan WFH bagi seluruh jajaran ASN dan tenaga honorer di jajaran Pemprov Riau," kata Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Riau, Chairul Riski kepada detikcom, Jumat (18/9/2020).

Riski menjelaskan meski ASN dan honorer WFH, namun pimpinan masing-masing dinas tetap bekerja dari kantor. Mereka adalah ASN yang masuk golongan eselon IV, III dan II.

"Namun, untuk pimpinan masing-masing bidang, pada eselon IV,III, II tetap wajib masuk ke kantor. Dengan catatan, mereka tetap dalam kondisi sehat. Selama aktivitas di kantor, harus melakukan protokol kesehatan," ujar Riski.

Masih menurut Riski, pihaknya akan memantau ketat bagi ASN yang melaksanakan WFH. ASN dan tenaga honorer dilarang secara diam-diam ke luar kota.

"Kalau hari ini mereka ada yang masuk kantor, maka esoknya bergantian dengan yang melakukan pekerjaan di rumah. Jadi, sistemnya terus bergantian. Khusus pada pimpinan tetap ngantor setiap hari," kata Riski.

Riski menjelaskan kebijakan WFH ini sebelumnya pernah diberlakukan ketika awal penyebaran Corona di Maret hingga Mei lalu. Namun memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, perkantoran berangsur seperti semula.

Kini dengan semakin banyaknya penyebaran virus yang mematikan itu, Pemprov Riau kembali memberlakukan sebagian besar ASN dan honorer di rumah. "Kerja di rumah ini dilakukan, dalam rangka menghindari klaster perkantoran. Ini akan berlaku selama penyebaran COVID-19 masih tinggi di Riau," kata Riski.

(cha/aud)