Direspons Kemenhub, Terminal Multimoda Sumsel Segera Terwujud

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 16:14 WIB
Herman Deru
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Keinginan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru (HD) menjadikan Terminal Tipe A Karya Jaya Kertapati menjadi terminal terpadu atau multimoda akan segera terwujud. Pasalnya, keinginan tersebut mendapatkan respons langsung dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi.

Rencananya, dalam pekan ini, tim dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI bersama Dirjen Perkeretaapian Kementerian RI akan segera meluncur ke Kota Palembang untuk melihat langsung lokasi Terminal Karya Jaya Kertapati.

HD pun mengatakan alasan dijadikannya terminal terpadu atau terminal multimoda ini agar ada satu hal yang terintegrasi sehingga menjadi terpadu antara angkutan darat, sungai, dan kereta api.

"Untuk barang sudah tidak mungkin di dalam kota. Ke depan, untuk bongkar-muat batas di Karya Jaya, apakah itu komoditas pertanian maupun pertambangan, namun tidak di dalam kota," kata HD dalam keterangan tertulis, Jumat (18/9/2020).

Respons dari Dirjen Perhubungan Darat bisa dikatakan cepat karena, setelah HD menggelar rapat pemanfaatan Terminal Karya Jaya bersama Kementerian Perhubungan melalui virtual pada Rabu (16/9), selang satu hari setelahnya, Kamis (17/9), Budi Setyadi langsung menjawabnya saat melakukan video conference dengan HD.

HD pun mengucapkan terima kasih atas respons cepat Kementerian Perhubungan RI. Dia berharap apa yang dilakukan ini segera terealisasi.

"Terima kasih atas atensi yang luar biasa sekali. kami akan persiapkan untuk menerima tim dari Jakarta. Saya juga persilakan kepada seluruh pejabat yang terkait agar mendampingi, ketika paparan ke Pak Menhub sudah menjelaskan secara detail. Atas nama Pemprov Sumsel, saya ucapkan terima kasih karena respons cepat ini semoga apa yang kita rencanakan ini dapat berjalan lancar," ungkapnya.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Budi Setyadi menyambut baik apa yang menjadi keinginan Herman Deru untuk menjadi Terminal Karya Jaya sebagai terminal multimoda.

"Apa yang disampaikan Pak Gubernur kami akan mendukung, bahkan kita akan menyamakan persepsi ini, apalagi Terminal Karya Jaya itu sangat bagus sekali," tuturnya.

Dia mengatakan, menjadikan Terminal Karya Jaya sebagai terminal multimoda akan dilakukan dengan kerja cepat. Dia mengaku konsep ataupun presentasi terkait terminal ini sudah ditunggu oleh Menhub.

"Rencana saya mau kerja cepat. Karena minggu depan Pak Menteri mau minta presentasi. Hari Sabtu saya akan menurunkan tim saya bersama Dirjen Kereta Api ke Palembang," katanya.

Dalam pelaksanaannya, dia juga meminta untuk dikaji secara spesifik sehingga, ketika dibangun, terminal terpadu itu dapat dimanfaatkan secara maksimal.

"Kita akan mendukung apa yang menjadi konsep terminal multimoda, tapi butuh kajian spesifik. Namun, ketika dibangun, jangan sampai pemanfaatannya tidak maksimal. Prinsipnya, kita siap dan kerja cepat untuk melakukan terminal multimoda ini," pungkasnya.

(ega/ega)