Satpol PP DKI Pastikan Sanksi Penggunaan Masker di Mobil Tak Rugikan Warga

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 06:55 WIB
Kasatpol PP DKI Arifin
Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin. (Foto: Ilman/detikcom)

Sebelumnya diberitakan, aturan mengenai memakai masker meski tengah berada di dalam mobil sendirian menjadi polemik. IDI DKI Jakarta meminta agar aparat jangan kaku menafsirkan aturan.

"Jadi begini... aparat itu jangan terlalu kaku dalam menterjemahkan peraturan bahwa yang dimaksud penggunaan masker yang melanggar peraturan itu yang di depan umum atau di mobil umum atau transportasi umum," kata Ketua IDI DKI Jakarta Slamet Budiarto saat dihubungi, Kamis (17/9).

Menurutnya, meski ada aturan yang mengatur pengendara bermotor wajib memakai masker, Slamet menilai ketentuan wajib menggunakan masker itu bagi yang menaiki transportasi umum. Aturan tersebut, menurut Slamet, semestinya tak bisa dikenakan bagi masyarakat yang menggunakan mobil pribadi saat sendirian atau bersama keluarganya tak bermasker.

"Di situ di tulisannya atau kendaraan bermotor. Jadi ya betul kendaraan bermotor walaupun peraturannya, tapi kan harus kita tafsirkan bahwa yang dimaksud kendaraan bermotor adalah kendaraan umum atau naik motor karena terbuka. Kalau yang naik mobil sendirian atau bareng dengan satu rumah itu nggak wajib karena fungsinya masker adalah untuk mencegah infeksi ke orang lain. Kalau di mobil sendiri itu kan sudah tercegah nggak kontak dengan orang lain kecuali mobilnya adalah mobil umum," ujarnya.

Halaman

(azr/zap)