Sidak Perkantoran, Wagub DKI Ingatkan Gedung Ditutup Bila Ada Kasus Corona

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 19:27 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza sidak 2 gedung cek penerapan protokol kesehatan
Wagub DKI Ahmad Riza melakukan sidak mengecek penerapan protokol kesehatan. (M Ilman/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan inspeksi mendadak (sidak) gedung perkantoran, mal, hingga hotel. Riza mengingatkan pengelola gedung untuk mentaati protokol kesehatan COVID-19.

Sore ini, Riza melakukan sidak perkantoran di Wisma Mulia, Jakarta Selatan. Kemudian ia melanjutkan sidak di mal Plaza Indonesia dan Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, yang lokasinya berdekatan.

Di Wisma Mulia, Riza mengecek ke beberapa lantai perkantoran yang ada. Setelah melakukan pengecekan, Riza meminta pengelola gedung melakukan evaluasi protokol kesehatan secara berkala. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penyebaran COVID-19 di perkantoran.

"Dipastikan ada petugas setiap kantor, setiap pengelola, setiap gedung dan juga yang tidak kalah penting ada evaluasi harian, evaluasi mingguan mengisi aplikasi yang sudah disiapkan sehingga kita bisa memastikan bahwa semua unit kegiatan, termasuk perkantoran yang belakangan menjadi klaster, bisa lebih baik lagi, supaya tidak terjadi penyebaran COVID baru di perkantoran-perkantoran," ujar Riza di Wisma Mulia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2020).

Dari hasil sidak itu, Riza tak menemukan pelanggaran. Di perkantoran Wisma Mulia, hanya ada 7 persen karyawan yang masuk.

Wagub DKI Ahmad Riza sidak 2 gedung cek penerapan protokol kesehatanWagub DKI Ahmad Riza melakukan sidak mengecek penerapan protokol kesehatan. (M Ilman/detikcom)

"Kami minta tidak melebihi 25 persen dari yang diperbolehkan. Alhamdulillah kami di sini mengecek cuma 7 persen," katanya.

Setelah itu, Riza melakukan sidak di Plaza Indonesia. Di lokasi tersebut, Riza juga tidak menemukan pelanggaran.

Riza hanya berkomunikasi dengan para pelayanan restoran. Selain itu, dia mendatangi Hotel Grand Hyatt dan meminta pengelola senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

"Mohon ditaati protokol kesehatan, cek suhu, (menyediakan) contraflow di pinggir, ada petugas yang khusus mengontrol. Karena ada yang terpapar satu orang, ditutup tiga hari. Jangan sampai karena ada satu yang tidak disiplin, terpapar ditutup tiga hari," kata Riza saat berbincang dengan petugas di Hotel Grand Hyatt.

Sebelumnya diberitakan, Ahmad Riza Patria melakukan sidak di Wisma Mulia. Sidak dilakukan untuk memantau penerapan protokol kesehatan.

Saat baru tiba, Riza langsung ditemui oleh pihak pengelola gedung. Keduanya nampak berbincang mengenai data yang dipegang oleh pengelola gedung. Riza kemudian meminta masuk ke ruangan perkantoran yang ada di Wisma Mulia 1. Pengelola pun mempersilakan Riza melakukan pengecekan.

(man/elz)