Laju Kematian Akibat Corona Tertinggi Sepekan Terakhir: Bali, DKI dan Kaltim

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 17:13 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan ada tiga provinsi dengan laju kematian akibat Corona (COVID-19) tertinggi selama sepekan terakhir. Ketiga provinsi tersebut adalah Bali, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur (Kaltim).

"Bali, DKI Jakarta, Kalimantan Timur adalah provinsi dengan laju kematian tertinggi dalam seminggu terakhir," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers daring yang ditayangkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

Wiku kemudian juga menjelaskan provinsi dengan jumlah kasus kematian akibat Corona tertinggi sepekan terakhir adalah Jawa Timur. Tercatat ada 218 kasus kematian selama sepekan belakangan.

"Dalam seminggu terakhir, jumlah penambahan kasus kematian mingguan tertinggi itu berada di Jawa Timur, yaitu 218 kematian," ucap Wiku.

Dia lalu menerangkan provinsi dengan peningkatan angka kematian tertinggi secara persentase adalah Sumatera Barat. Tercatat angka kematian meningkat 150 persen di sana dalam kurun waktu sepekan terakhir.

"Namun peningkatan tertinggi ada di Sumatera Barat, meningkat 150 persen dari minggu sebelumnya," ujarnya.

Masih soal kasus kematian, Wiku menyebut Surabaya, Semarang, Jakarta Pusat, dan Makassar menjadi fokus perhatian. Pasalnya, keempat kota tersebut masuk dalam 10 besar kabupaten/kota dengan jumlah kumulatif kematian tertinggi dan 10 besar laju kematian tertinggi per 100 ribu penduduk.

"Empat kota besar Surabaya, Semarang, Jakarta Pusat, dan Makassar, karena empat kota ini masuk dalam 10 besar kabupaten/kota dengan jumlah kumulatif kematian tertinggi, dan laju kematian tertinggi per 100 ribu penduduk," papar Wiku.

(aud/dhn)