Sempat Kabur, 1 Penumpang Pesawat Positif COVID-19 di Kalbar Ditemukan

Adi Saputro - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 14:26 WIB
Poster
Foto ilustrasi virus COVID-19. (Edi Wahyono/detikcom)
Pontianak -

Seorang penumpang pesawat asal Jawa Tengah (Jateng) dinyatakan positif COVID-19 dan sempat kabur ke Kalimantan Barat (Kalbar). Gubernur Kalbar Sutarmidji memberi sanksi untuk maskapai itu.

"Saya juga sudah buat sanksi ini satu penerbangan, satu orang ini yang dibawa positif dan sekarang lari, hilang. Dari Jawa Tengah," kata Sutarmidji di Pontianak, Kalbar, Kamis (17/9/2020).

Penumpang tersebut berasal dari Pekalongan. Namun, Sutarmidji belum membeberkan tanggal penerbangan tersebut.

"Saya minta sementara orang Kalbar jangan ke luar Kalbar dulu, ngapain mau jalan-jalan sekarang, jangan, jaga kesehatan aja, tetap di Kalbar," ujarnya.

Sutarmidji melalui akun media sosialnya sekitar pukul 13.00 WIB mengumumkan penumpang yang kabur tersebut sudah ditemukan. Penumpang yang positif COVID-19 itu sudah ditangani tim medis.

"Alhamdulillah satu orang penumpang maskapai penerbangan yang positif dan sempat kehilangan kontak dengan yang bersangkutan, sekarang sudah ditemukan. Sudah di rusunawa. Saya minta pihak yang mendatangkan pekerja dari luar Kalbar harus pastikan pekerjaannya sehat. Jika ditemukan lagi kasus seperti ini, maka perusahaan yang mempekerjakan wajib tanggung jawab," tulisnya.

(idh/tor)