Veteran Wanita Pejuang Kemerdekaan RI di Gowa Wafat di Usia 100 Tahun

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 14:04 WIB
Veteran Wanita Pejuang Kemerdekaan RI di Gowa Wafat di Usia 100 Tahun
Prosesi pemakaman Hj Intang (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kabar duka datang dari Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Seorang veteran wanita pejuang kemerdekaan RI, Hj Intang meninggal dunia di usianya yang ke 100 tahun.

"Veteran pejuang kemerdekaan RI, Hj Intang tutup usia kemarin di usianya yang ke-100 tahun," kata Bhabinkamtibmas Polsek Tombolopao, Bripka Suherman saat dikonfirmasi, Kamis (17/9/2020).

Bripka Suherman mengatakan sempat melayat ke rumah duka di area Kelurahan Tamaona, Kecamatan Tombolopao, Gowa, Rabu (16/9). Dia juga ikut membawa jenazah ke liang lahat.

"Almarhumah cukup dikenal di wilayah hukum Polsek Tombolopao, bahkan beliau menjadi salah satu teladan buat kami para polisi," kata dia.

Bripka Suherman menceritakan, almarhumah di masa mudanya ikut membantu perjuangan kemerdekaan RI di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Hj Intang disebut ikut berjuang dengan cara membantu memasak bagi kaum pria.

"Dulu ikut sama pejuang laki-laki, jadi dia yang bawa makanan, tukang masak lah," katanya.

"Jadi bisa dibilang dia yang pimpin kaum wanita untuk mengurus semacam keperluan logistik kaum laki-laki, ikut juga masuk di hutan," sambung Bripka Suherman.

Almarhumah sendiri selama ini tinggal bersama cucunya. Suaminya telah lebih dulu meninggal dunia.

"Selama ini tinggal sama cucunya dan sudah 4 bulan terakhir dia sakit. Penyakit orang tua begitu, tidak bisa bangun, cuma baring terus, pengaruh umur mungkin," katanya.

Veteran Wanita Pejuang Kemerdekaan RI di Gowa Wafat di Usia 100 TahunSosok Veteran RI, Hj Intang semasa hidupnya Foto: Dok. Istimewa

Almarhumah sendiri dimakamkan tidak jauh dari rumahnya. Sebagai penghormatan, para warga membawa bendera merah putih di depan iring-iringan pengantar jenazah almarhumah Hj Intang.

Terkait usia almarhumah yang disebut sudah menginjak 100 tahun, Bripka Suherman membenarkannya.

"Benar, beliau kelahiran 1920, tapi menurut keluarganya kemarin umurnya sebenarnya bahkan sudah 120 tahun. Adapun keluarganya yang kasi informasi itu kemarin atas nama Jumaleng Puang Nuntung," pungkas Bripka Suherman.

Simak juga video 'Gatot Soenjoto Seniman Boneka Tongki Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(ibh/ibh)