400 Personel Brimob Disiagakan Amankan Pilkada Sulsel

Ibnu Munsir - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 14:12 WIB
Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, AKBP Darminto (Foto: Ibnu Munsir/detikcom)
Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, AKBP Darminto (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengerahkan 400 personel untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulsel. Mereka akan ditempatkan di sejumlah kantor penyelenggara Pilkada 2020.

"Untuk di keseluruhan ada 400 melaksanakan pengamanan yang diminta satuan kewilayahan, tergantung keinginannya apakah di KPU, TPS, dan PPK," kata Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, AKBP Darminto, usai upacara HUT Batalyon Pelopor Brimob Polda Sulsel, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Sulsel, Senin (13/9/2020).

Selain di Sulsel, ada 200 personel Brimob yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan di Kota Makassar. Mereka ditugaskan sesuai dengan permintaan satuan setempat Polres masing-masing.

"Di samping itu, Pemilu juga sudah siapkan pasukan yang siap dikerahkan mulai polres ini melaksanakan pengamanan. Untuk polres 200 personel. Jadi keseluruhan itu ada di Pam KPU, Bawaslu, kemudian ada di juga di provinsi luar di Kota Makassar, seperti ada di Gowa, Maros, dan Pangkep," jelasnya.

Lebih lanjut, Darminto berharap, pada HUT Batalyon Pelopor ini, anggota Brimob makin dewasa, bertindak sesuai standar prosedur yang berlaku, dan tidak menyimpang dari aturan yang ada. Selain itu, anggota Brimob diminta mengayomi masyarakat dan melakukan pengamanan.

"Dengan usia ke-61 tahun sudah tua setengah abad lebih diharapkan kepada rekan rekan pelopor pasukan batalyon kita bertindak sesuai standar prosedur yang berlaku tidak menyimpan dari aturan yang ada, melayani melindungi dan mengayomi masyarakat pada saat pengamanan apa saja, unjuk rasa dan sebagainya," kata Darminto.

(mae/mae)