Viral Bus Sekolah Dipakai Evakuasi Pasien Corona di Jakarta, Ini Kata Pemprov

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 08:50 WIB
Pemprov DKI Jakarta menerjunkan 50 unit bus sekolah gratis untuk mengangkut penumpang KRL yang menumpuk demi mengurangi penyebaran virus Corona.
Bus sekolah gratis DKI (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Video dan foto yang menampilkan bus sekolah dipakai untuk mengevakuasi pasien COVID-19 di Jakarta viral di media sosial Twitter. Video dan foto itu diunggah oleh beberapa akun.

Salah satunya akun Twitter @ArumBene. Dia mengunggah video berdurasi 31 detik. Nampak terlihat bus sekolah berwarna kuning keluar dari puskesmas.

"Puskesmas Palmerah.. Bus yg kuning isinya bukan anak sekolah, tapi mereka warga palmerah yang mau diantar ke wisma atlet..," tulis caption dalam video tersebut.

Tidak hanya itu, hal yang sama juga diunggah akun @kebijakananies_. Postingannya memperlihatkan beberapa foto bus sekolah yang tengah mengangkut pasien. Terlihat juga petugas ber-APD lengkap menyetir bus tersebut.

Dikonfirmasi, Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Ali Murthado mengatakan, bus sekolah yang dimiliki Pemprov DKI memang sudah digunakan untuk mengevakuasi pasien COVID-19 sejak Maret 2020 lalu.

"Kita laksanakan perbantuan evakuasi pasien sejak Bulan Maret," kata Ali saat dikonfirmasi, Kamis (17/9/2020).

Ali mengatakan, bus sekolah yang digunakan untuk mengevakuasi pasien COVID-19 di Jakarta ada 7 unit. Selain itu, ada 15 awak yang bekerja di 7 unit bus sekolah. Total, Pemprov DKI memiliki bus sekolah sebanyak 176 unit.

"Saat ini ada 7 unit (yang digunakan) dengan awak bus 15. Total bus yang dimiliki UPAS Dishub (ada) 176," ucapnya.

Lihat juga video 'Penampakan Antrean Ambulans Masuk RSD Wisma Atlet Viral':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2