Kediaman Sekda DKI Jakarta Dipenuhi Karangan Bunga

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 19:25 WIB
Kondisi kediaman dan makam Sekda DKI Jakarta Saefullah.
Kondisi kediaman Sekda DKI Jakarta Saefullah (Luqman Nurhadi/detikcom)
Jakarta -

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia karena virus Corona (COVID-19). Begini suasana kediaman dan makam almarhum Sekda DKI Saefullah.

Pantauan detikcom, Rabu (16/9/2020) pukul 18.15 WIB, suasana kediaman keluarga Sekda DKI Saefullah tampak sepi. Di luar area rumah tampak berjajar karangan bunga dari berbagai kalangan yang menyampaikan dukacita.

Karangan buka terus berdatangan dengan diangkut mobil pikap. Karangan bunga memenuhi bagian depan rumah sehingga diletakkan di samping kediaman Sekda DKI Saefullah berseberangan dengan lapangan.

Sementara itu, makam almarhum Sekda DKI Saefullah berada tepat di depan kediamannya yang bersebelahan juga dengan Masjid Jami Al Khoiriyah, Jalan Sungai Kendal RT 003/08 Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Area pemakaman tidak terlalu luas dan berdekatan dengan rumah-rumah warga.

Makam almarhum Sekda DKI Saefullah terlihat ditutupi daun kelapa. Terdapat papan nisan bertuliskan nama Saefullah.

Beberapa peziarah hadir untuk mendoakan almarhum Sekda DKI Saefullah. Mereka tetap menggunakan masker dan duduk jongkok sambil mengirimkan doa.

Kondisi kediaman dan makam Sekda DKI Jakarta Saefullah.Makam Sekda DKI Jakarta Saefullah (Luqman Nurhadi/detikcom)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau semua pihak agar tak mengirim karangan bunga ke rumah duka almarhum Sekda DKI Saefullah. Ini merupakan pesan keluarga.

Imbauan itu disampaikan lewat pesan broadcast dari Anies. Uang untuk membeli karangan bunga diharapkan disedekahkan.

"Meneruskan amanah dari Ibu Hj Rusmiati Saefullah, istri almarhum Pak Sekda, keluarga berpesan tidak perlu mengirim karangan bunga ke rumah duka," tulis Anies.

"Keluarga menyampaikan harapan agar uang yang sedianya digunakan untuk karangan bunga lebih baik dijadikan sedekah dan diniatkan atas nama almarhum Pak Sekda," sambungnya.

(aik/aik)