Round-Up

Keyakinan Anggota Dewan Soal 'Luhut Lagi Luhut Lagi'

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 05:29 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mempercayai Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Kali ini, Luhut diminta untuk menangani virus Corona (COVID-19) di 9 provinsi.

9 provinsi ini bukanlah daerah sembarang. Daerah-daerah itu dianggap memiliki kontribusi besar ke perekonomian nasional, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara, dan Papua.

Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu mengatakan, diberikan waktu selama dua minggu untuk menekan kasus Corona. Sasarannya berupa penurunan penambahan kasus, peningkatan angka kesembuhan, dan penurunan kasus kematian.

"Presiden perintahkan dalam waktu dua minggu kita harus bisa mencapai tiga sasaran yaitu penurunan penambahan kasus harian, peningkatan recovery rate dan penurunan mortality rate," tegas Luhut dalam keterangannya, Senin (14/9).

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad tidak mempermasalahkan penunjukan tersebut. Bagi Dasco, Presiden memiliki pertimbangan sehingga mempercayai Luhut.

"Dan karena komite gugus tugas COVID juga sekaligus bertugas untuk pemulihan ekonomi nasional, mungkin diperlukan energi tambahan, sehingga Presiden memberikan tugas kepada Menko Maritim untuk ikut andil dalam pemberantasan COVID-19," kata Dasco di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Menurut Dasco, penunjukan Luhut oleh Jokowi tidak usah menjadi polemik. "Saya pikir itu enggak usah dibikin polemik. Karena Presiden sebagai penanggungjawab tentunya mempunyai pertimbangan sendiri," imbuhnya.


Selain Dasco, Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal menilai luhut mampu untuk menyelesaikan tugas dari Jokowi. Luhut, disebut Cucun, memiliki latar belakang militer yang menjadi modal untuk menyelesaikan masalah.

"Pak LBP sudah teruji dengan latar belakang militer punya konsep dan keseriusan dalam bekerja," kata Cucun kepada wartawan pada Selasa (15/9/2020).

Cucun pun yakin Luhut dapat membentuk tim yang berasal dari berbagai latar belakang. Sehingga, penyebaran COVID-19 bisa ditekan.

"Terkait Pak LBP saya yakin beliau secara manajerial akan mampu membuat tim di bawahnya dari berbagai latar belakang yang dibutuhkan, mau kesehatan, ekonomi," ujar Cucun.

Selanjutnya
Halaman
1 2