Ma'ruf Singgung soal Netralitas ASN: Penyakit Lama Tak Kunjung Sembuh

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 03:32 WIB
Wapres Maruf Amin
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memperingatkan soal masalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada 2020 mendatang. Dia pun menyebut netralitas ASN merupakan penyakit lama yang tidak kunjung sembuh.

"Netralitas ASN dalam pilkada ini kayaknya penyakit lama yang tidak sembuh-sembuh, belum sembuh. Masalah netralitas itu jadi cacatnya demokrasi kita dalam pelaksanaan pilkada," kata Ma'ruf Amin seperti dilansir Antara, Rabu (16/9/2020).

Tak hanya di Pilkada, netralitas ASN di pusat dan daerah juga selalu dipertanyakan ketika Pilpres. Karena itu, Ma'ruf berpesan agar KASN bisa melakukan pengawasan ekstra terhadap para ASN.

"KASN diharapkan juga turut melakukan pengawasan terhadap penerapan kode etik, perilaku, dan netralitas ASN sesuai dengan kewenangannya. Utamanya dalam menghadapi perhelatan Pilkada serentak pada bulan Desember 2020 mendatang," ucapnya.

Dia pun berharap KASN bebas dari intervensi politik. Sehingga nantinya para ASN pun bisa menjalan fungsi netralitas baik saat Pilkada atau Pilpres.

"Posisi KASN yang mandiri dan bebas intervensi politik sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tersebut," ujar Ma'ruf.

(maa/maa)