SIDAK 15 September: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 21:57 WIB
Seragam Satpam Baru (Repro detikcom dari Perkap Nomor 4 Tahun 2020)
Foto: Seragam Satpam Baru (Repro detikcom dari Perkap Nomor 4 Tahun 2020)
Jakarta -

Pemuda di Jombang diduga menjadi korban penculikan oleh mahluk gaib wewe gombel menjadi berita yang ramai diperbincangkan hari ini. Selain itu, Kapolri Jenderal Idham Azis mengganti seragam satpam jadi sewarna dengan seragam kepolisian juga menjadi berita terpopuler hari ini.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 15/9/2020 ISU DICULIK WEWE GOMBEL SAMPAI BLUNDER CHRIS EVANS yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.


1. Heboh Pemuda di Jombang Diduga Diculik Mahluk Gaib

Seorang pemuda bernama Fatchur Rozi (31), warga Dusun Surobayan, Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan, Jombang mendadak hilang dari rumahnya di Kabupaten Jombang. Warga sekitar hingga keluarga menduga Fatchur hilang diculik mahluk gaib.

Korban diketahui menghilang dari rumahnya pada Senin (14/9) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Berbagai spekulasi terkait menghilangnya Fatchur pun bermunculan dan salah satu yang paling santer yaitu korban menghilang karena diculik wewe gombel, makhluk gaib yang dipercaya masyarakat Jawa gemar menculik anak-anak.

"Saat itu ibunya bangun melihat pintu rumah terbuka. Dicari di kamarnya dan di seluruh bagian rumah, dia (Fatchur) sudah tidak ada. Keluarga mencari ke kebun, sawah dan dekat tol tidak ketemu," kata Paman Fatchur, Gunain (50) kepada wartawan di rumah korban, Selasa (15/9/2020).

Berbagai upaya pun dilakukan warga mulai dari menabuh berbagai perabotan sambil memanggil nama Fatchur hingga melibatkan para normal untuk bantu mencari korban. Namun sekitar pukul 15.30 sore tadi korban akhirnya ditemukan hendak menyebrang di tempat penyeberangan Sungai Brantas di Desa Gumulan berjarak sekitar 5 km dari rumah Fatchur.


2. Kapolri Ganti Warna Seragam Satpam Jadi Mirip Polisi

Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Salah satu yang dibahas dalam Perkap tersebut yakni soal warna seragam satpam yang mirip dengan polisi.

Perkap tersebut ditanda tangani oleh Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020. Perkap itu sebetulnya membahas terkait Pam Swakarsa atau suatu bentuk pengamanan atas kemauan masyarakat yang dikukuhkan Polri, namun salah satu yang menjadi sorotan lantara warna seragam satpam yang berubah mirip dengan warna seragam polisi juga diatur di dalamnya.

"Jadi sesuai dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa bahwa ada perubahan warna seragam satpam," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/9).


3. Sahrul Gunawan-Atep Rebutan 2,3 Juta Suara di Pilkada Bandung

Pilkada Bandung diramaikan dengan pertarungan sengit paslon Yena-Atep Eks Pemain Persib dan Dadang-Sahrul Gunawan. Keduanya bertarung memperebutkan 2,3 juta suara di Pilkada Bandung yang akan datang.

Jumlah suara tersebut telah direkap oleh pihak KPU Bandung. Rencananya Sahrul Gunawan dan pesepak bola Atep Rizal bakal memperebutkan 2.356.674 suara pemilih.


4. Chris Evans 'Tepuk Jidat' Usai Heboh Foto Bugil

Aktor yang membintangi Captain America, Chris Evans mendadak jadi perbincangan di dunia maya. Pasalnya ketika sedang ingin menunjukkan cuplikan video saat dirinya main di Heads Up, ada satu hal yang lupa dihapusnya dari potongan video itu yakni foto telanjang dirinya.

Bagian tersebut adalah galeri foto. Di bagian akhir, tampak galeri-galeri foto di handphone Chris Evans. Salah satu dari banyak foto dalam galeri Chris Evans tampak sebuah foto telanjang yang menampilkan alat kelaminnya yang sedang ereksi.

Seketika tangkapan layar galeri foto bergambar alat kelamin itu ramai dibahas di Twitter bahkan jadi trending topic. Tiga hari kemudian Chris Evans baru meresponsnya.

"Sekarang karena saya sudah mendapatkan perhatian dari kalian semua... VOTE di 3 November!!!" tulis Chris Evans di Twitter.


5. Viral Video Ospek Unesa, Senior Bentak Mahasiswa Baru

Video tentang ospek mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) secara daring viral di media sosial twitter. Video itu memperlihatkan mahasiswi baru (maba) dibentak-bentak oleh senior mereka karena tidak memakai ikat pinggang (sabuk).

Video berdurasi 30 detik yang diunggah oleh akun twitter @skipberat menunjukan mahasiswa senior Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) membentak mahasiswi baru lantaran persoalan tidak memakai ikat pinggang. Pihak Unesa pun membenarkan video tersebut. Pihak Unesa menyebut akan menjadikan kejadian ini pembelajaran ke depannya dan akan menyelesaikan persoalan ini kepada pihak mahasiswa baru.

"Iya, kan videonya sudah viral. Masa kita mau menyangkal," kata Humas Unesa Vinda Maya Setianingrum saat dihubungi detikcom, Selasa (15/9/2020).

"Semuanya harus direncanakan dengan matang. Kondisinya hari ini lebih pada memberi konseling pada mahasiswa yang menjadi sasaran netizen," lanjut Vinda Maya Setianingrum.

Video viral tersebut pun banyak ditanggapi oleh berbagai pihak. Bahkan acara ospek Unesa tersebut awalnya dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan dihadiri oleh sejumlah menteri dan kepala lembaga hingga pimpinan DPR.

"Dibuka Wapres. Nah kejadiannya hari rabu dan masih menjadi satu rangkaian acara (PKKMB)," terang Vinda.

(maa/imk)