Sidang 16 Oknum Polisi Kasus Penembakan 3 Warga di Makassar Diundur

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 15:23 WIB
ilustrasi penembakan
Foto ilustrasi senjata api. (Internet)
Makassar -

Sidang disiplin 16 oknum polisi dalam kasus penembakan 3 warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), diundur ke pekan depan. Sidang disiplin sebelumnya diagendakan pekan ini.

"Belum, diundur," kata Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP M Kadarislam saat dimintai konfirmasi, Selasa (15/9/2020).

Dia mengatakan tidak ada halangan berarti dalam persiapan sidang disiplin. Pasalnya, berkas berita acara pemeriksaan (BAP) milik 16 oknum polisi terperiksa juga telah tuntas.

"Sudah lengkap," katanya.

AKBP Kadarislam pun memberi alasan jadwal sidang disiplin diundur. Propam Polda Sulsel disebut kini dalam tahap mempersiapkan keperluan sidang, di antaranya perangkat sidang.

"Karena kemarin Propam baru terima berkas di Polda. Nah itu dibuatkan dia dulu perangkat sidang terus nama-nama penuntut di Polda, dibuatkan Sprint, terus ditentukan jadwalnya," kata dia.

Selain itu, Kadarislam menjawab informasi soal hasil BAP yang menyebut 11 dari 16 oknum polisi diduga kuat menyalahi prosedur penggunaan senjata api saat insiden penembakan warga terjadi. Kadarislam meminta menunggu fakta sidang.

"Fakta-fakta sidang lah nanti yang bicara. Kalau pemeriksaan berkas perkara itu baru pemeriksaan verbal, belum dilakukan kegiatan secara langsung kepada semua pemeriksa, terkait dengan juga saksi-saksi di lapangan. Itu nanti di sidang faktanya kelihatan," terang Kadarislam.

"Samalah umpamanya kalau kasus pencurian toh, dalam berkas sudah kelihatan dia pencurinya, tapi kan fakta-fakta sidang belum," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2