Lewat Drive Thru hingga Game, Intip Wisuda Unik dan Antimainstream

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 08:06 WIB
Wisuda
Foto: Dok. YouTube/SD Tarakanita 3
Jakarta -

Ketika telah menyelesaikan jenjang pendidikan, wisuda merupakan perayaan yang sakral untuk dilakukan. Tanpa wisuda, rasanya semua jerih payah yang dikeluarkan saat menempuh pendidikan belum lengkap.

Apalagi momen-momen yang wajib diabadikan seperti menggunakan toga, pemindahan topi toga wisuda, hingga foto dengan keluarga tercinta. Tentu dengan adanya pandemi COVID-19, para wisudawan pun harus menahan diri.

Pasalnya banyak sekolah dan universitas yang menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran virus. Sehingga banyak acara wisuda yang harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Namun ada beberapa sekolah dan universitas baik di dalam maupun di luar negeri, yang mempunyai cara unik untuk tetap melakukan wisuda di tengah pandemi lho. Mau tahu apa saja? Berikut ini beberapa macam cara wisuda di tengah pandemi dikutip dari berbagai sumber.

Wisuda Drive Thru

WisudaWisuda Foto: Dok. Humas UNS

Salah satu universitas di kota Solo menerapkan prosesi wisuda secara drive thru. Ada pun beberapa wisudawan terpilih untuk datang langsung dengan protokol kesehatan ketat.

Prosesi itu pun dilakukan dengan transportasi ramah lingkungan seperti andong, becak, sepeda listrik, dan mobil listrik. Para wisudawan pun turun satu persatu dari kendaraan tersebut dan melakukan penyampiran tali toga.

Wisuda Robot

WisudaWisuda Foto: Dok. 20detik



Wisuda secara unik dilakukan oleh salah satu universitas di Semarang dan universitas di Negeri Sakura. Kedua universitas tersebut menggelar wisuda online 2020 dengan menggunakan robot. Dalam prosesi wisuda, robot tersebut berperan sebagai wakil para wisudawan.

Perangkat tablet pun dijadikan sebagai wajah para peserta yang menempel pada tubuh robot. Robot itu pun berjalan berurutan dan mengikuti prosesi layaknya wisudawan asli.

Wisuda Parade Mobil

WisudaWisuda Foto: Dok. AP Photo/Susan Walsh



Penutupan sekolah akibat pandemi tidak membuat acara wisuda tertunda pada sebuah sekolah yang terletak di negara bagian Maryland, Amerika Serikat. Para siswa itu pun menemukan cara untuk menjaga tradisi agar perayaan tersebut tetap bisa dilakukan.

Mobil-mobil dihias semeriah mungkin dengan tulisan yang menyatakan mereka lulus. Kemudian para siswa itu pun melakukan parade mobil dan berkeliling sembari menggunakan toga. Unik yah!

Wisuda Animasi

WisudaWisuda Foto: Dok. YouTube/SD Tarakanita 3



Teknologi animasi diterapkan oleh salah satu SD swasta di Jakarta. Pihak sekolah menggunakan animasi siswa-siswi dalam prosesi pengalungan medali kelulusan.
Adapun para siswa dan siswi tampak dalam bentuk animasi foto yang bergerak dan tidak hadir secara langsung. Wisuda para siswa-siswi itu pun dilakukan secara virtual, dengan beberapa segmen prosesi di dalam channel YouTube milik sekolah.

Wisuda Virtual Reality

WisudaWisuda Foto: Dok. YouTube/IIT Bombay



Salah satu universitas teknik terkemuka di India menggunakan teknologi Virtual Reality atau VR untuk merayakan wisuda secara daring. Wisuda online itu pun cukup unik, karena pihak kampus membuat avatar untuk masing-masing mahasiswa, staf kampus, dan pembicara yang hadir.

Avatar-avatar yang mengikuti prosesi wisuda dapat mengelilingi lingkungan kampus secara virtual dan melakukan prosesi yang ada. Perayaan wisuda itu pun sempat disiarkan melalui media sosial dan saluran televisi lokal.

Wisuda ala Game Minecraft

WisudaWisuda Foto: Dok. 20detik



Salah satu kampus yang berada di Kota Pahlawan, Surabaya membuat sebuah terobosan dalam hal prosesi wisuda. Rancangan itu pun dibuat menggunakan video game bernama Minecraft.

Wisudawan hadir dalam prosesi ini mulai dari masuk ke Gedung hingga bertemu dengan rector untuk menerima ijazah. Komunikasi pun dilakukan melalui layanan voice chat virtual bernama Discord yang diperuntukkan bagi gamer.

Itulah beberapa cara unik wisuda yang antimainstream di tengah pandemi ini. Selain keenam cara unik tersebut, MAXStream juga punya cara tersendiri untuk merayakan kelulusan lho.

Penasaran dengan cara wisuda online MAXStream? Yuk tonton aja langsung wisudanya di MAXStream dan jangan lupa catat tanggalnya pada Sabtu 19 September 2020. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi link ini.

Lihat juga video 'Unik! Mahasiswa UNS Wisuda Drive Thru Pakai Andong-Mobil Listrik':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)