Satgas Corona Siapkan Hotel untuk Isolasi Mandiri, Anies Tunggu Rinciannya

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 19:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan tugu peti mati korban COVID-19 di Jakarta Utara. Tugu peti mati itu dibuat sebagai peringatan akan bahaya COVID-19.
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya berencana memanfaatkan fasilitas di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, untuk isolasi mandiri warga yang terpapar virus Corona. Pemprov DKI akan menggunakan tower 4 dan tower 5 untuk isolasi mandiri.

"Arahnya pertama adalah menggunakan fasilitas di Wisma Atlet, tower 4 dan 5 itu dikhususkan untuk isolasi mandiri yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk orang yang terpapar dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Nah, penyelenggaraannya adalah oleh Gugus Tugas, Kementerian Kesehatan. Jadi nanti kalau di Jakarta ditemukan warga yang terpapar, kemudian diminta untuk isolasi, di sana," ujar Anies di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2020).

Terkait dengan rencana pemerintah pusat yang ingin menggunakan hotel sebagai tempat isolasi mandiri, Anies mengaku masih menunggu rincian dan teknisnya.

"Pada saat yang bersamaan, pemerintah melalui Gugus Tugas Nasional sekarang menyiapkan hotel-hotel yang nantinya akan digunakan untuk tempat isolasi juga selain di Wisma Atlet. Tapi kami menunggu sampai detail perinciannya ada. Kalau sudah, baru nanti kami umumkan. Sejauh ini detailnya belum, tapi arahnya begitu," kata Anies.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus mengatakan pihaknya mengusulkan Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) dijadikan tempat isolasi pasien bergejala ringan atau tanpa gejala. Menurutnya, dari 44 kecamatan yang ada di Jakarta, 36 di antaranya memiliki GOR dan dapat digunakan sebagai tempat isolasi mandiri.

"Iya, ada beberapa GOR kita siapkan yang tingkat kecamatan maupun kota," ucap Firdaus saat dihubungi.

Sementara jumlah GOR yang ada di tingkat kota berjumlah masing-masing satu. Berikut ini jumlah Wisma Atlet dimiliki DKI Jakarta:

1. Wisma Atlet Kebon Jahe, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, berjumlah 15 kamar
2. Wisma Atlet Bulungan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, berjumlah 13 kamar
3. Wisma Atlet Raden Inten, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, berjumlah 19 kamar
4. Wisma Atlet Cendrawasih, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, berjumlah 27 kamar
5. Wisma Atlet Judo, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, berjumlah 16 kamar

Selanjutnya
Halaman
1 2