Saksi Sebut Vanessa Angel Konsumsi Pil Xanax Tanpa Ada Keluhan Sakit

Zunita Putri - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 13:09 WIB
Sejumlah saksi menjalani sidang kasus narkoba Vanessa Angel di PN Jakarta Barat (Zunita/detikcom)
Foto: Sejumlah saksi menjalani sidang kasus narkoba Vanessa Angel di PN Jakarta Barat (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Anggota polisi dari Polres Metro Jakarta Barat, Dwicky Maryanto menyebut Vanessa Angel mengkonsumsi pil xanax tanpa mempunyai riwayat sakit dan resep dokter. Dwicky menyebut pil itu dikonsumsi pribadi.

Hal itu diungkapkan Dwicky saat bersaksi di sidang lanjutan Vanessa Angel di PN Jakarta Barat, Jalan Letjend S Parman, Jakbar, Senin (14/9/2020). Saat itu jaksa bertanya apakah ada resep obat yang ditunjukkan Vanessa ketika mengkonsumsi pil xanax.

"Ada nggak pengakuan dia, konsumsi ini (pil xanax) dalam kapasitas sebagai pasien?" Tanya jaksa.

"(Vanessa) nggak jelasin gitu, cuma (bilang) buat pakai aja," jawab Dwicky.

"Jadi dia nggak ada ngeluh sakit?" tanya jaksa lagi, dan dijawab 'tidak' oleh Dwicky.

Dwicky menyebut Vanessa mengaku mendapat pil xanax itu dari pria bernama Abdul Malik. Abdul Malik adalah pengacara Vanessa saat terjerat perkara prostitusi pada tahun 2018 di Jawa Timur.

"Pokoknya kita tanya (Vanessa) dari Abdul Malik," ucap Dwicky.

"Kita tanya (Vanessa) Abdul Malik bukan dokter," imbuhnya.

Dalam persidangan ini, Vanessa yang duduk sebagai terdakwa membantah keterangan Dwicky. Vanessa mengaku saat penggeledahan dirinya sudah menunjukkan resep dokter untuk mengkonsumsi pil xanax.

"Pada saat ditanya menyimpan obat tersebut, saya bilang saya ada riwayat sakit dan menunjukan resep yang mulia," ujar Vanessa ketika menanggapi kesaksian Dwicky.

Namun, Dwicky mengaku tidak melihat Vanessa menunjukan resep ke dirinya saat penggeledahan. Dwicky tetap pada keterangannya.

"Kalau saya nggak lihat yang mulia," kata Dwicky.

Di persidangan sebelumnya, dua anggota polisi dari Polres Jakbar juga menyebut Vanessa mendapat pil xanax dari mantan pengacaranya, Abdul Malik.

Di sidang ini, Vanessa Angel didakwa kasus psikotropika oleh jaksa penuntut umum Kejari Jakarta Barat. Vanessa didakwa terkait kepemilikan 20 pil Xanax.

Vanessa didakwa melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika jo Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang perubahan penggolongan psikotropika dalam lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika.

Tonton video 'Pihak Vanessa Angel Berharap Saksi Kunci Hadir di Sidang Selanjutnya':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/isa)