Granat Manggis Diduga Sisa Perang Dunia II Ditemukan di Langkat Sumut

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 13 Sep 2020 15:35 WIB
penemuan granat manggis sisa perang dunia ii
Penemuan granat manggis diduga sisa Perang Dunia di Langkat (Foto: dok Humas Brimob Polda) Sumut
Langkat -

Sebuah granat manggis diduga sisa Perang Dunia II ditemukan warga di Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Benda itu ditemukan saat warga memindahkan tanaman temulawak di rumahnya.

"Benar, ada ditemukan bom jenis Granat Manggis diduga sisa Perang Dunia II oleh warga pada saat sedang memindahkan tanaman temulawak," kata Kanit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, Iptu Ronny Sarko, Minggu (13/9/2020).

Bom tersebut awalnya ditemukan oleh Pangeran Dayatullah, warga Desa Air Hitam, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat. Pada saat itu dia sedang membersihkan belakang rumah dan pada saat memindahkan tanaman temulawak ditemukan di akarnya benda diduga 1 jenis granat manggis. Kemudian memindahkan benda tersebut ke dalam rumah.

"Kemudian saksi melapor ke Polsek Gebang dan atas petunjuk personel Polsek Gebang benda tersebut yang diduga granat manggis diletakkan kembali di pohon pisang. Tak lama, pihak Polsek menghubungi Unit Jibom Detasemen Sat Brimob Polda Sumut," sebutnya.

Subden Jibom Brimob Polda Sumut kemudian turun ke lokasi untuk penanganan. Pihaknya lalu berkoordinasi dengan Kapolsek Gebang AKP Ricson Sinaga untuk melakukan pendisposalan (pemusnahan) bom temuan warga tersebut. Pemusnahan dilakukan pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB.

"Proses disposal dilakukan dengan aman dan lancar. Untuk kondisi bom militer itu sendiri hasilnya hancur. Kita sudah mengecek kondisi bom yang didisposal dan hasilnya hancur," ucapnya.

Tonton juga 'Saksi Mata: Ledakan Granat di Monas':

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/dhn)