Viral Peluru Nyasar ke Perumahan Warga Bekasi

Isal Mawardi, Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 22:45 WIB
Selongsong peluru nyasar di kompleks Bekasi (Tangkapan layar)
Foto: Selongsong peluru nyasar di kompleks Bekasi (Tangkapan layar)
Bekasi -

Sebuah video yang menampilkan penemuan butir peluru di kompleks perumahan warga di Bekasi, Jawa Barat, viral di media sosial. Dinarasikan, selongsong peluru itu merupakan peluru nyasar dari sarana tempat latihan menembak di sekitar perumahan.

Kanit Reskrim Polsek Pondok Gede AKP Supriyanto menegaskan insiden itu sudah dalam mediasi antara warga kompleks dengan TNI AU.

"Itu udah diselesaiin, tadi saya ngebell binmas-nya sudah diselesaiin antara (TNI) AU sama masyarakat," ujar Supriyanto ketika dihubungi detikcom, Sabtu (9/12/2020).

"Sudah ada (mediasi) antara pihak halim, RT/RW dan tokoh masyarakat," lanjutnya.

Kompleks tersebut berada di Pondok Gede, Kota Bekasi. Di dekat kompleks itu, terdapat tempat latihan menembak.

"Nggak ada korban, yang jelas dari pihak Halim sendiri akan berhenti untuk latihan (menembak). Terus akan ganti rugi baik itu materi," kata Supriyanto.

Supriyanto belum mengetahui ada tidaknya fasilitas komplek yang rusak. Jumlah butir peluru yang nyasar pun juga belum diketahui.

Dikonfirmasi terpisah, Kadispen AU Marsma Fajar Adrianto mengatakan pihaknya belum mendapatkan laporan terkait peluru nyasar tersebut. "Saya belum dapat info, Nanti kami telusuri dulu ya," imbuh Fajar.

Dalam video yang beredar, tampak perekam memperlihatkan sebuah selongsong peluru di tangannya. Selongsong peluru itu tampak berwarna kuning keemasan.

Kemudian terlihat selongsong peluru lainnya yang digenggam oleh warga lain.

"Lumayan bu, lebih gede lagi ya," kata perekam video.

Lihat postingan ini di Instagram

info netizen : "2 hari berturut2 komplek kami kena peluru nyasar dr latihan atau turnamen di halim belakang.. Perumahan kami nirvana residence Jatiwaringin pondok gede sangat dekat dengan tempat latihan tentara nembak jd sehari2 pasti kedengeran kalo mereka latihan. Dan selama hampir 7thn tinggal disini baru kali ini ada peluru nyasar 2hari berturut dirumah warga.. Kmrn sdh dtg utusan halim tp buktinya sampai hari ini masih ada juga peluru nyasar ke perumahan kami.. Mau keluar teras aja takut gmana kalo ada lagi dan kena kami.. Ada yang tau ga ini lapor kmana biar ditanggepin.." via : @jakartainformasi cc @humas.pmj @tni_angkatan_darat @tni_angkatan_laut @puspentni @tniudara @divisihumaspolri @perbakin

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFO_JAKARTATIMUR (@info_jakartatimur) pada 12 Sep 2020 jam 3:55 PDT

(isa/idh)