Diputus Mitra, Ojol Kuliah S2 di 3 Kampus Makassar Kini Jadi Juru Parkir

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 19:42 WIB
ojol
Ilustrasi (Luthfy Syahban/detikcom)
Makassar -

Setelah diputus mitra oleh perusahaan aplikasi, driver ojek online (Ojol) di Makassar, Sulawesi Selatan, Ansyar Sule, kini banting setir jadi tukang parkir. Ansyar mengaku harus tetap bekerja demi menyambung hidup serta mengumpulkan biaya menyelesaikan kuliah S2 di tiga kampus berbeda.

"Jadi tukang parkir lagi di depan toko penjual kue," kata Ansyar kepada wartawan, Sabtu (12/9/2020).

Ansyar mengatakan sudah menjadi tukang parkir sejak menempuh S1 pada 2011. Dia kemudian beralih menjadi driver ojol enam tahun berikutnya.

"Kalau tidak salah tahun 2017 saya daftar ojol di Kabupaten Gowa dekat masjid Syekh Yusuf," beber Ansyar.

Ansyar mengatakan, semenjak kembali menjadi tukang parkir, ia hanya bisa bekerja pada malam hari. Pada siang hari ia istirahat.

"Itu pun malam baru saya lakukan, kalau siang hari begini saya tidak bisa, saya sakit, karena saya tidak bisa tahan panas lagi kalau siang," terangnya.

Baik menjadi tukang parkir maupun driver ojol, Ansyar mengaku melakukan semua itu demi biaya kuliah S2 di tiga kampus di Makassar, yakni jurusan administrasi negara di Universitas Indonesia Timur (UIT), jurusan ilmu komunikasi di Universitas Fajar (Unifa), dan jurusan manajemen sumber daya masyarakat di Universitas Patria Artha.

Khusus untuk program magister di UIT dan Unifa, Ansyar mengaku menargetkan selesai tahun ini karena sudah di tahap mengerjakan penelitian tesis. Sedangkan untuk di Universitas Patria Artha, Ansyar masih semester ketiga.

(idh/idh)