Relawan Vaksin Sinovac Positif COVID-19, Begini Kronologinya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 12:59 WIB
Virus corona: China diam-diam uji coba vaksin Covid-19 pada para pekerja
Gambar ilustrasi (BBC World)
Jakarta -

Setelah menjalani uji vaksin, seorang relawan terbukti positif COVID-19. Ternyata si relawan sempat bepergian ke luar kota sebelum akhirnya terbukti positif COVID-19.

Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 menjelaskan kronologinya lewat siaran pers yang diterima detikcom, Sabtu (12/9/2020).

Relawan itu tidak disebutkan identitasnya karena kerahasiaan identitas dijaga. Tak ada pula keterangan kapan relawan tersebut menerima vaksin. Yang jelas, seorang relawan mendapat vaksin dua kali dalam waktu kunjungan yang berbeda.

Berikut adalah kronologi yang disampaikan oleh Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Unpad Prof Kusnandi Rusmil, tertanggal 10 September 2020.

1. Kronologi pada relawan tersebut, setelah mendapatkan 'suntikan' (tidak diketahui vaksin atau plasebo) pertama pada kegiatan penelitian vaksin COVID-19, bepergian ke luar kota.

2. Pada kunjungan 'suntikan' selanjutnya (kedua), relawan secara klinis dinyatakan sehat dan diberi 'suntikan' kedua.

3. Keesokan harinya, relawan menjalani program pemeriksaan swab nasofaring dari dinkes karena ada riwayat ke luar kota. Oleh petugas, dilakukan pengambilan bahan dari apus hidung dan kemudian dikirimkan ke laboratorium BSL2 (Dinas Kesehatan) dengan hasil positif.

4. Hasil yang positif tersebut harus disampaikan kepada yang bersangkutan.

Tonton video 'Tak Semua Relawan Dapat Vaksin Covid-19, Ini Penjelasannya':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2