Diduga Keracunan Makanan Acara Akikah, 14 Warga Kendari Mual-Diare

Sitti Harlina - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 20:37 WIB
14 warga di Kendari dirawat karena diduga keracunan usai makan makanan akikah (Sitti Harlina/detikcom)
Foto: 14 warga di Kendari dirawat karena diduga keracunan usai makan makanan akikah (Sitti Harlina/detikcom)
Kendari -

Sebanyak 14 warga di Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dibawa ke Puskesmas Abeli karena mengalami gejala pusing hingga diare. Mereka diduga keracunan usai memakan makanan di acara akikah.

"Sakit seluruh badanku dari ujung kaki sampai ujung kepala, habis makan acar sama sambal goreng," kata salah seorang korban, Sri Aulia, Jumat (11/9/2020).

Dia mengatakan mulai mengalami gangguan kesehatan sehari setelah makan di acara akikah tetangganya. "Besoknya, nanti jam 4 sore baru saya rasa," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Abeli, Anwar, mengatakan saat ini 14 korban tersebut masih menjalani perawatan di tiga ruangan berbeda. "Jumlah pasien itu ada 14 orang, rata-rata mereka merasakan pusing, mual, dan diare," ujarnya.

Dijelaskannya, ada dugaan mereka ini terpapar dari makanan. "Kami melihat indikasinya ini karena paparan dari makanan," ucap Anwar.

Pihak puskesmas juga masih menunggu keterangan resmi dari BPOM terkait pemeriksaan laboratorium. Sementara pasien masih menjalani perawatan hingga kondisi membaik untuk dipulangkan.

(jbr/jbr)