Cegah Corona, Panglima TNI-Kapolri Lepas Tim Pendisiplinan Kesehatan di Sulteng

Kadel Melda - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 15:30 WIB
Cegah Corona, Panglima TNI-Kapolri Lepas Tim Pendisiplinan Kesehatan di Sulteng
Cegah Corona, Panglima TNI-Kapolri Lepas Tim Pendisiplinan Kesehatan di Sulteng Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis melepas tim Satgas pendisiplinan protokol kesehatan Sulawesi Tengah. Hadi menyampaikan, peningkatan angka kasus positif COVID-19 masih terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air.

"Pandemi COVID-19 mengalami trend peningkatan angka kasus positif di berbagai wilayah di Indonesia. Kita tidak boleh lengah, walaupun angka penularan kasus positif di Sulawesi Tengah sudah berada di bawah angka 1, kita tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," kata Hadi melalui keterangan tertulis, Jumat (11/9/2020).

Pelepasan tim Satgas dilakukan di depan gedung Mapoda Sulawesi Tengah, Jumat (11/9/2020) pagi. Dalam kesempatan tersebut, Hadi juga mengingatkan agar masyarakat Sulawesi Tengah jangan sampai lengah meski angka penularan Corona berada di bawah angka satu.

Selain melepas pendisiplinan protokol kesehatan, Panglima dan Kapolri juga menyerahkan bantuan sosial (bansos) sebanyak 1.210 paket. Paket bansos itu nantinya akan diberikan dan diantar langsung kepada masyarakat oleh Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabinkamtibmas.

Lebih lanjut, Hadi juga menyampaikan pesan yang selalu ditekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni untuk selalu menggunakan masker saat berinteraksi di manapun berada. Dikatakan Hadi, penggunaan masker dapat saling membantu untuk menjaga satu sama lain agar terhindar dari virus COVID-19

"Khusus mengenai masker, Bapak Presiden menekankan berulang kali dalam berbagai kesempatan agar kita semua selalu mengenakan masker saat berinteraksi di luar rumah. Dengan menggunakan masker kita telah menyelamatkan diri kita sendiri dan juga orang lain di sekitar kita dari tertular virus Covid-19," ucapnya.



Hadi berharap, para Satgas yang akan bertugas ini, nantinya dapat membantu meringankan beban masyarakat. Sebab, ia menilai dampak COVID-19 tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan tapi juga berdampak terhadap permasalahan ekonomi.

"Untuk itu, para Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga, Bhabinkamtibmas dan komponen masyarakat yang saat ini telah siap untuk diberangkatkan, akan melaksanakan tugas pendisiplinan sekaligus memberikan bansos dan sembako untuk membantu meringankan beban masyarakat," jelasnya.

(ibh/ibh)