Gelar Operasi Yustisi, 34 Juta Masker Dibagikan ke Seluruh Indonesia

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 17:03 WIB
TNI-Polri gelar operasi yustisi tindak warga tak pakai masker
TNI-Polri menggelar operasi yustisi tindak warga tak pakai masker. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

TNI-Polri bersama Satgas COVID-19 serta KPU membagikan total 34 juta lebih masker ke seluruh Indonesia. Hal itu sebagai bagian dari kampanye penggunaan masker dan jaga jarak untuk menghindari kerumunan dalam rangka Operasi Yustisi dan Pilkada 2020 aman dan sehat.

"Total masker yang secara simbolik akan dibagikan di seluruh Indonesia ada sejumlah 34.355.302 masker. Nanti akan dibagikan secara serentak di seluruh Indonesia," kata Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Gatot menyebutkan pembagian masker itu nantinya akan dilakukan oleh Polda dan Polres di seluruh Indonesia. Jenderal bintang tiga tersebut juga berharap penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan bisa menjadi gaya hidup di tengah masyarakat.

"Kita harus menjadikan protokol pencegahan COVID-19 sebagai perisai kehidupan dari bahaya COVID-19 sebagaimana Presiden mengatakan kampanye 'ayo pakai masker'," sebut Gatot.

Wakil Ketua Pelaksana II Komite Penanganan COVID dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) ini menambahkan, dalam menghadapi wabah virus Corona, seluruh komponen harus bersatu. Gatot meminta tidak ada lagi ego sektoral dalam penanganan virus tersebut.

Untuk itu, bersama jajaran TNI serta penegak hukum lain, Gatot mengatakan pihaknya akan segera menggelar Operasi Yustisi. Operasi tersebut berupaya mendisiplinkan penggunaan masker pada masyarakat.

"Kita launching bersama-sama Operasi Yustisi penggunaan masker. Nanti di situ ada polisi, ada TNI, ada kejaksaan, Satpol PP, dan ada dari hakim yang akan kita lakukan secara masif dengan saksi yang lebih tegas," ujar Gatot.

(mea/mea)