14 Tenaga Kesehatan Positif Corona, Seluruh Pegawai RSKM Cilegon Tes Swab

M Iqbal - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 11:50 WIB
Empat pasangan bakal calon yang akan maju di Pilwalkot Cilegon 2020 melakukan tes swab di RS Krakatau Medika (RSKM) Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Foto:RS Krakatau Medika (RSKM) Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Sebanyak 14 tenaga kesehatan di RS Krakatau Medika (RSKM) Cilegon positif Corona (COVID-19). Pihak RSKM melakukan tes swab massal secara berkala kepada seluruh pegawai di lingkungannya untuk mendeteksi penyebaran COVID-19.

Tes swab dilakukan guna memastikan keselamatan pegawai beserta keluarganya. Jika ditemukan ada yang positif COVID-19, manajemen langsung meminta yang bersangkutan untuk isolasi mandiri.

"Kami informasikan bahwa RSKM secara berkala telah melakukan swab PCR kepada tenaga medis untuk identifikasi yang terpapar positif COVID. Swab ini dilakukan secara rutin, hal ini untuk menjamin keselamatan karyawan, keluarga dan masyarakat. Yang terpapar langsung isolasi mandiri, sehingga rumah sakit aman dalam menangani pasien," kata Humas RSKM, Agus Wirawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/9/2020).

Agus mengatakan, 14 pegawai RSKM yang positif hasil dari swab berkala tersebut. Pihak rumah sakit langsung melakukan kontak tracing dan sterilisasi rumah sakit agar pelayanan tetap berjalan.

"Berdasarkan hasil swab terdapat beberapa yang terpapar positif baik tenaga medis maupun non medis. Penanganan yang positif dilakukan sesuai dengan protokol, sedangkan yang kontak langsung kami tracing dan swab PCR," ujarnya.

Agus berharap, semua sektor baik industri dan pemerintahan di Cilegon melakukan swab berkala untuk memastikan kesehatan para pegawainya dan penanganan COVID-19 bisa dilakukan dengan tepat.

"Hal ini juga sekaligus untuk implementasi aplikasi 'Lindungi Peduli' untuk kecepatan tracing dan tindakan. Kami berharap setiap industry juga melakukan swab berkala untuk mengantisipasi meluasnya pandemic COVID-19," kata dia.

Tonton video 'Kasus Corona Melejit, Pemerintah Ogah Undur Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)