Empat Beda Jakarta dan Pusat soal PSBB Ketat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 10:59 WIB
Relawan menggunakan kostum
Gambar ilustrasi (ANTARA FOTO/ARNAS PADDA)
Jakarta -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bakal kembali diterapkan di Jakarta. Namun jelang penerapan PSBB ketat itu, ada perbedaan langkah antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan pemerintah pusat.

Sudah ada empat perbedaan antara Pemprov DKI dan pusat terkait PSBB total ini. Empat perbedaan itu meliputi aktivitas perkantoran, soal okupansi rumah sakit, soal angka positif COVID-19, hingga soal PSBB itu sendiri.

Berikut adalah empat perbedaan antara Jakarta dan Pusat soal PSBB yang diperketat, berdasarkan pemberitaan detikcom hingga Jumat (11/9/2020).

1. Soal jam kerja

Gubernur Jakarta Anies Baswedan ingin agar semua pekerja yang berkantor di Jakarta bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Gedung perkantoran tidak diberi izin untuk beroperasi, kecuali 11 sektor.

"Prinsipnya, mulai Senin, 14 September, kegiatan perkantoran yang non-esensial diharuskan laksanakan dari rumah, bekerja dari rumah, bukan usahanya yang berhenti tapi bekerja di kantornya yang ditiadakan, kegiatan usaha jalan terus, kegiatan kantor jalan terus, tapi perkantoran di gedungnya yang tak diizinkan untuk beroperasi," ucap Anies dalam jumpa pers di Balai Kota, Jakarta, Rabu (9/9).

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto, berbeda langkah soal penerapan PSBB untuk pegawai kantoran. Dia ingin agar perkantoran menerapkan jam kerja fleksibel. Artinya, ada yang sebagian tetap bekerja di kantor pada jam tertentu, ada yang sebagian lagi bekerja dari rumah pada jam tertentu.

"Perkembangan di DKI minggu depan kembali PSBB. Namun kami sudah menyampaikan bahwa sebagian besar kegiatan perkantoran melalui flexible working hours sekitar 50% di rumah, dan 50% di kantor," kata Airlangga usai Rakornas Kadin, Kamis (10/9) kemarin.

Tonton video 'Ramai Para Menteri Soroti Kebijakan PSBB Total Anies':

[Gambas:Video 20detik]