Maju Lagi di Pilkada, Bupati PALI Sumsel Positif Corona

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 10:39 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Palembang -

Bupati Panukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan, Heri Amalindo terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19). Hari yang juga kembali mencalonkan diri di Pilkada 2020 untuk periode kedua ini terkonfirmasi positif 8 September lalu.

Terpaparnya Heri dengan COVID-19 disampaikan oleh Ketua KPU Pali, Sunario. Sunario mengatakan, Heri dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan para bakal calon kepala daerah yang mendaftar Pilkada 2020.

"Iya, beliau positif COVID dari hasil swab test tanggal 8 kemarin. Sesuai PKPU 10 Pasal 50 b dan c, kalau ada calon positif dia harus isolasi sampai sembuh," terang Sunario kepada detikcom, Jumat (11/9/2020).

Heri Amalindo, kata Sunario, terkonfirmasi positif setelah sebelumnya dirawat akibat asam lambung di RS Muhammad Hoesin Palembang. Tetapi belakangan hasil swab test memastikan pasangan Soemarjono ini positif.

"Test kesehatan beliau tidak ikut. Untuk tes kesehatan ditunda, kalau sudah sehat baru dilakukan tes, jadwal tesnya menyesuaikan nanti," katanya.

Sebelum dinyatakan positif COVID-19, Heri diakui Sunario sudah tak hadir pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati 5 September. Ketidakhadirannya dibuktikan dengan surat sakit dari dokter dan RS yang merawat.

"Pendaftaran dia tidak datang karena sakit. Ada keterangan dokter saat itu sakit asam lambung. Setelah itu swab dan hasilnya 8 September positif, surat baru kita terima pada 10 September," tutup Sunario.

(ras/mae)